facebook

5 Tanda Komunikasi dengan Pasangan Perlu Diperbaiki, Segera Dibenahi!

Mutami Matul Istiqomah
5 Tanda Komunikasi dengan Pasangan Perlu Diperbaiki, Segera Dibenahi!
ilustrasi pasangan bertengkar.[freepik.com/freepik]

Komunikasi adalah kunci terpenting sebuah hubungan bisa berjalan dengan lancar. Ketika beberapa hal terjadi dan menjadikan hubungan terasa rumit dan kacau, itu artinya komunikasi dengan pasangan perlu diperbaiki. Lantas, apa saja pertanda dari komunikasi yang harus diperbaiki?

1. Munculnya sikap sering curiga dan dicurigai

Dalam hal apapun seperti aktivitas, pekerjaan, keuangan, ataupun privasi seharusnya hal tersebut bisa berjalan seiringan dan tanpa adanya kesan mencurigakan atau dicurigai. Namun ketika kecurigaan itu timbul baik oleh dirimu sendiri atau pasangan, itu artinya komunikasi yang kalian jalankan tidak berjalan dengan baik.

2. Sering bertengkar 

Pernah tidak kamu dan pasangan membesar-besarkan masalah yang sederhana menjadi bahan untuk bertengkar selama berhari-hari? Hal itu tentu saja tidak muncul secara tiba-tiba, bukan? Salah satu hal yang harus dikoreksi adalah komunikasi. Pasalnya, komunikasi yang berjalan dengan baik biasanya akan meminimalisir masalah yang menimbulkan pertengkaran.

3. Hubungan terasa hambar 

Hubungan yang terasa hambar, ditandai dengan sikap minimnya rasa peduli, tidak adanya keharmonisan dalam rumah tangga, dan semuanya menjadi cuek seolah menjalani kehidupan sendiri-sendiri, itu artinya dalam sebuah hubungan tersebut kurang adanya komunikasi terbuka yang terjadi secara dua arah. 

Komunikasi yang baik biasanya akan melahirkan perbincangan yang hangat dan membuat hubungan asmara maupun rumah tangga menjadi terawat.

4. Kurangnya kekompakan 

Dalam rumah tangga biasanya ada beberapa hal yang lebih menyenangkan dikerjakan bersama-sama. Hal itu akan menumbuhkan kekompakan yang terjalin dengan kuat. 

Ketika komunikasi itu berkurang, maka hubungan yang terjalin dengan pasangan akan kekurangan kekompakan. Baik itu dalam mengerjakan pekerjaan bersama, mengambil keputusan bersama, atau hal semacamnya. 

5. Sering terjadi kesalah pahaman

Komunikasi yang kurang baik, entah kenapa selalu memunculkan kesalah pahaman dalam berbagai hal. Hal-hal sederhana entah kenapa menjadi mudah sekali untuk membuat pasangan merasa tersinggung. Pun juga dengan diri kita yang sangat sensitif atau mudah tersinggung. Hal ini cukup merepotkan, bukan?

Itu dia 5 tanda komunikasi perlu diperbaiki. Kalau merasakan tanda-tanda tersebut, segera perbaiki komunikasimu dengan pasangan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak