facebook

4 Dampak Buruk jika Kamu Hidup dalam Kemunafikan

Juandi Manullang
4 Dampak Buruk jika Kamu Hidup dalam Kemunafikan
ilustrasi orang munafik (pixabay/sammy sander )

Menjadi orang yang munafik sebenarnya tidaklah disukai banyak orang karena sikap itu sangat bertentangan dengan nilai-nilai kehidupan, dimana seseorang selalu mengedepankan kejujuran diatas segalanya.

Harus kita ketahui ketika seseorang tahu bahwa kita sosok orang yang munafik, maka pada saat itu kita akan berhadapan dengan orang-orang yang tidak menyukai kita. Kita akan dijauhi bahkan dimusuhi. Sebab itu, bersikap munafik itu berdampak buruk pada kehidupan, terutama diri sendiri.

Berkaitan dengan itu, dalam kesempatan ini, penulis akan menguraikan 4 dampak buruk jika hidup dalam kemunafikan.

1. Banyak orang yang memusuhi

Hidup itu seharusnya kita jalani dengan setulus mungkin agar hidupmu semakin lebih berdampak bagi orang lain. Hindari kemunafikan agar orang tidak memusuhimu.

Ingatlah bahwa sesungguhnya kehidupan ini begitu erat dengan orang lain. Ketika kita munafik maka orang lain tidak akan menyukai kita bahkan akan memusuhi.

2. Menimbulkan dendam

Dendam itu dapat muncul karena adanya sakit hati terhadap seseorang. Kemunafikan juga dapat menimbulkan dendam yang tentu saja akan berdampak buruk pada kehidupan kita.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati hidup dalam kemunafikan karena akan memungkinkan orang lain dendam pada kita.

3. Hidup tidak tenang dan nyaman

Jikalau banyak orang yang tidak menyukai kita, tentu saja tidak akan ada ketenangan dan kenyamanan hidup. Kita akan diserang oleh banyaknya ancaman dari orang-orang dan juga serangan secara verbal atau lisan sehingga pikiran kita terbebani.

4. Diserang cemoohan orang

Dampak buruk terakhir adalah diserang cemoohan orang. Kita pasti tahu akan banyak cibiran yang mengatakan kita sosok yang munafik.

Cemoohan itu akan membuat situasi psikis kita terganggu. Orang-orang ketika mendekat kepada kita, hanya untuk mencemooh saja. Hal tersebut tentu tidaklah menyenangkan.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya hidup dalam ketulusan maupun kejujuran. Kita harus berani berkata tidak, jikalau kita tidak menyukai dan berkata iya kalau kita menyukai. Jangan juga dipertahankan sikap munafik karena ada kegengsian karena itu tidaklah baik untuk kita. 

Dengan adanya 4 dampak buruk hidup dalam kemunafikan tersebut, tentu sangat berdampak positif buat kita. Semoga saja uraian tersebut memberikan kebaikan dan membantu kita dalam proses kehidupan kedepannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak