facebook

5 Alasan Pria Menjomblo, Kamu Salah Satunya?

Mutami Matul Istiqomah
5 Alasan Pria Menjomblo, Kamu Salah Satunya?
ilustrasi pria sendirian.[ freepik.com/jcomp]

Jomblo adalah istilah yang disematkan kepada mereka yang memilih untuk berjalan tanpa adanya pasangan kekasih. Meskipun tidak semuanya, tapi tidak sedikit pula pria yang memilih menjomblo dalam menjalani kesehariannya. Lantas apa alasannya?

1. Punya prioritas yang lain

Alasan yang pertama adalah karena pria masih memiliki prioritas yang lain. Misalnya, masih ingin fokus kepada pendidikan, fokus bekerja, fokus membahagiakan keluarga, fokus menabung, dan lain sebagainya. Sehingga dia berpikir bahwa jika dia memiliki kekasih maka konsentrasi yang dia miliki untuk menggapai banyak hal dalam pikirannya akan buyar dan berantakan. 

2. Punya masa lalu yang belum selesai 

Masa lalu yang belum selesai bukan berarti dia masih memiliki hubungan spesial dengan seseorang di masa lalunya. Namun dia yang masih belum bisa beranjak dari rasa yang pernah ada di masa lalunya. 

Biasanya karena pengalaman atau kenangan yang kurang baik dalam pengalamannya saat menjalin hubungan dengan seseorang, membuat dia sakit hati, trauma, dan membuatnya merasa ragu untuk menjalin sebuah hubungan baru. Bagaimanapun, kesakitan, kekecewaan, dan kenangan pahit di masa lalu itu belum sepenuhnya bisa dia lupakan. 

3. Repot 

Mungkin setiap wanita akan tidak terima dengan poin yang satu ini, di mana pria merasa kerepotan ketika menjalin hubungan asmara dengan seorang wanita. Namun, hal ini tetap tidak bisa ditampik karena masih sering terjadi di sekitar kita. 

Memang tidak semuanya, namun ada beberapa pria yang merasa bahwa ketika dia menjalin hubungan dengan seorang wanita, beberapa hal dalam hidupnya akan sedikit terasa repot. Mulai dari aktivitasnya, kekangan dan aturan, cara berpenampilan, dan lain sebagainya, karena harus melibatkan dua kepala. Dan itu akan menimbulkan banyak pendapat yang berujung pada debat. 

4. Belum siap menikah 

Seorang pria yang sudah berani mengajak anak orang untuk berpacaran, maka dianggap oleh orang sekitarnya sebagai pria yang sudah siap untuk menikah. Sebenarnya memang tidak ada yang salah dengan saran itu, hal itu hanya mengingatkan kepada pria untuk menjaga pujaan hatinya dan tidak mempermainkan perasaan kekasihnya. Namun, hal itu sering menjadi tamparan bagi pria dan membuatnya mengurung diri untuk menjalin hubungan asmara dengan wanita. 

Selain itu, takut menikah juga bisa disebabkan karena pengalaman pribadi ataupun orang-orang sekitar yang memiliki kisah pernikahan tidak seindah orang lain. Kegagalan atau hal menyakitkan seringkali menjadi gambaran buruk tentang pernikahan oleh orang yang belum menikah. 

5. Belum bertemu dengan orang yang pas 

Bukan karena memiliki kriteria yang terlalu tinggi, namun karena memang belum bertemu dengan orang yang bisa membuat nyaman dan nyambung diajak berbicara. Hal tersebut membuat pria biasanya lebih memilih dalam menjalin hubungan dengan wanita. 

Pengalaman dalam menjalin hubungan asmara dengan orang sebelumnya membuat pria lebih berhati-hati dalam memilih kekasihnya yang baru. 

Itu dia 5 alasan pria masih menjomblo. Apakah kamu salah satunya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak