facebook

4 Hal yang Merusak Keharmonisan Rumah Tangga, Jangan Dibiasakan!

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Merusak Keharmonisan Rumah Tangga, Jangan Dibiasakan!
Ilustrasi pasangan bertengkar (freepik.com/freepik)

Rumah tangga yang harmonis adalah dambaan semua pasangan. Semua orang yang melambungkan harapan agar rumah tangganya selalu bahagia dan harmonis. Sayangnya, keharmonisan itu tidak akan bisa tumbuh dengan sendirinya. Perlu dipupuk dan dirawat dengan baik. Kalau tidak berhasil, banyak yang akhirnya berpisah karena merasa tidak bahagia dengan rumah tangganya yang tidak harmonis. 

Keharmonisan bisa dipupuk dengan banyak hal baik. Namun juga seringkali bisa hancur karena beberapa hal yang sebenarnya sering dilakukan, dan tanpa sadar hal itulah yang merusak keharmonisan rumah tangga itu sendiri. Apa saja itu?

1. Enggan meminta maaf

Hal pertama yang tanpa sadar dapat merusak keharmonisan ruamh tangga adalah enggan meminta maaf. Kalau pasangan bertengkar dan masing-masing dari mereka mencari pembenaran untuk dirinya sendiri, maka pertengkaran itu tidak akan selesai. Apakah kamu pernah mengalami hal yang serupa? 

Hal ini disebabkan karena ego dari masing-masing orang yang sama tingginya. Apalagi untuk meminta maaf, sekadar mendengarkan argumen pasangan saja rasanya sudah enggan. Bahkan ketika sudah jelas-jelas bersalahpun, banyak dari kita yang tetap enggan untuk meminta maaf. 

2. Meremehkan saran dan kritik dari pasangan

Keterbukaan dalam sebuah hubungan rumah tangga, salah satunya adalah terbuka dengan saran dan kritik satu sama lain. Artinya, baik kamu maupun pasangan memiliki hak untuk saling mengingatkan dalam hal kebaikan.

Sayangnya, menerima kritik memang tidak semudah menerima pujian. Seringkali kita merasa sakit hati bahkan tersinggung yang membuat kita akhirnya meremehkan kritik dan saran dari pasangan. Menganggapnya sebagai angin lalu tanpa adanya tekad untuk berbenah. 

Sebenarnya, hal itu tidak hanya berat bagimu sebagai pihak yang menerima. Bagi pasangan yang menyampaikanpun sebenarnya hal tersebut bukan perkara yang mudah. Kamu harus yakin bahwa pasanganmu sudah mengumpulkan niatnya dengan bulat, disertai alasan kebaikan yang akhirnya membuatnya tetap mengatakan hal itu kepadamu. Sebenarnya, kalau bisa diterima dengan baik, maka hal tersebut akan membuat rumah tanggamu dan pasangan bisa berjalan sebagaimana yang kamu dan pasangan inginkan.

3. Sedikit apresiasi

Mengapresiasi pasangan adalah hal baik yang harus terus dilakukan. Sekecil apapun hal yang dia lakukan, berilah apresiasi agar pasangan merasa dihargai. 

Jangan sampai kamu menjadi salah satu orang yang minim apresiasi. Karena minimnya apresiasi dalam hubungan rumah tangga bisa menyebabkan pasangan merasa tidak dihargai dan tidak dianggap yang akhirnya memicu banyak hal buruk lainnya. Apalagi kalau kamu adalah seseorang yang suka menuntut, tentu pasangan akan merasa lelah untuk memenuhi tuntutanmu itu. 

4. Mencari-cari kesalahan

Orang yang suka dengan kita, maka mereka akan berusaha menutupi keburukan kita, bagaimanapun caranya. Lain ketika orang yang tidak suka, karena biasanya merekalah yang berusaha untuk mencari-cari kesalahan kita yang tidak terlihat atau tak nampak. 

Makanya, kamu jangan menimbulkan penyakit hati dengan mencari-cari kesalahan pasangan. Cobalah untuk terus berpikiran positif dan berprasangka baik.

Itu dia 4 hal yang merusak keharmonisan rumah tangga namun masih sering dilakukan. Yuk, segera tinggalkan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak