facebook

5 Tips Membuat Pasangan Merasa Nyaman, Yuk Terapkan!

Mutami Matul Istiqomah
5 Tips Membuat Pasangan Merasa Nyaman, Yuk Terapkan!
ilustrasi pasangan bahagia.[freepik.com/master1305]

Membuat pasangan merasa nyaman dalam hubungan rumah tangga adalah hal yang diperlukan. Tidak peduli berapa lama sebuah hubungan sudah berjalan, kenyamanan harus selalu diusahakan agar pasangan merasa bahagia. 

Kamu harus memiliki tekad untuk saling membahagiakan bersama pasangan hingga tua. Sehingga seiring berjalannya waktu, kamu tidak akan berhenti di tahap yang sama. Kamu akan selalu mengupgrade diri menjadi seorang pasangan yang baik dan bisa memberi kebahagiaan kepada pasangannya. Salah satunya adalah dengan memberinya kenyamanan. Bagaimana caranya?

1. Ungkapkan perasaan

Jangan menjadi orang yang pasif dalam mengutarakan segala hal yang ada dalam perasaan. Katakan pada pasangan bahwa kamu bersyukur memiliki dirinya dalam hidupmu, jelaskan kepadanya mengenai betapa berharganya dia dalam kehidupanmu. 

Pujilah pasangan setiap hari, jangan hanya pada saat kamu ada maunya saja. Pujian itu akan membuat pasangan merasa nyaman dan bahagia, serta lebih memahami bagaimana perasaanmu dalam menjalani kehidupan bersamanya. 

2. Berhadapan saat sedang berbincang 

Ketika kamu sedang berbincang dengan pasangan, maka kamu harus fokus kepada pasangan dan apa yang dia bicarakan. Wajah dan matamu harus tertuju padanya. Hal itu akan membuat pasangan merasa dihargai dan diperhatikan. 

Kalau perlu, matikan televisi atau jauhkan perangkat elektronik ketika memang kamu dan pasangan sedang memperbincangkan hal yang serius. Kamu harus fokus dan memahami apa yang ingin pasanganmu sampaikan serta memberi respon yang baik sesuai dengan yang dia harapkan.

3. Lebih mengerti 

Mungkin ada kalanya kita ingin dimengerti oleh pasangan. Namun jangan lupa untuk belajar memahami perasaannya juga. Apa yang dia suka, bagaimana hubungan yang dia harapkan, bagaimana menjadi pasangan yang baik, dan lain sebagainya. 

Setiap manusia tidak ada yang sempurna. Jadi, jangan terus menuntut pasanganmu untuk menjadi seperti yang kamu mau. Belajarlah untuk menerima dia apa adanya, seperti halnya kamu diterima olehnya. 

4. Mengakui kesalahan 

Jangan menjadi orang yang hanya mau terlihat benar. Bukankah manusia memang tempatnya salah? Jadi, ketika kamu melakukan kesalahan, berbesar hatilah untuk mengakui itu dan meminta maaf. Selain itu, kamu juga harus memiliki tekad untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. 

Mengakui kesalahan tidak akan membuat harga dirimu direndahkan. Justru kamu akan lebih dihargai karena kejujuran.

5. Lebih menghargai 

Jangan ragu untuk mengapresiasi usaha pasangan dalam hal apapun dan sekecil apapun. Hargailah meskipun dengan cara yang paling sederhana, yaitu mengucapkan terima kasih. 

Kalau kamu berkenan, kamu bisa memberinya apresiasi lain seperti hadiah dalam bentuk benda yang dia suka, atau mengajaknya ke tempat yang ingin dikunjunginya. Hal itu akan membuat pasangan memiliki semangat untuk berbuat yang lebih baik dan merasa dihargai segala hal yang telah dilakukannya. 

Itu dia 5 cara membuat pasangan merasa nyaman. Yuk terapkan dari sekarang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak