facebook

5 Cara Mencuci Pakaian Supaya Warnanya Tidak Cepat Luntur, Perhatikan!

Risen Dhawuh Abdullah
5 Cara Mencuci Pakaian Supaya Warnanya Tidak Cepat Luntur, Perhatikan!
Ilustrasi pakaian anak. (pexels.com)

Anda mungkin pernah terkaget setelah mengambil pakaian kering dari jemuran, Anda mendapati pakaian yang Anda cuci luntur. Mengapa bisa terjadi?

Saat mencuci pakaian, kebanyakan orang jarang memperhatikan cara membersihkan pakaian dengan tepat. Misalnya kesalahan yang umum terjadi, pakaian yang berwarna dicuci satu tempat dengan pakaian berwarna putih. Itu merupakan suatu kesalahan.

Pakaian yang berwarna putih akan tercemar dengan pakaian yang berwarna lain. Tentunya masih banyak kesalahan-kesalahan lain yang masih sering dilakukan.

Nah, artikel ini mencoba memberikan pengetahuan mengenai cara yang tepat mencuci pakaian supaya tidak cepat luntur dan tahan lama.

Berikut cara mencuci pakaian supaya warnanya tidak cepat luntur:

1. Melihat Petunjuk yang Ada di Label Pakaian

Mungkin Anda juga baru tahu, ternyata label pada pakaian bukan sekadar pajangan. Label pakaian memberikan informasi kepada Anda, bagaimana cara mencuci pakaian supaya tahan lama serta mencegah warna memudar.

2. Memisahkan Pakaian Sesuai Warna

Selanjutnya adalah Anda bisa memisahkan pakaian yang sesuai dengan warnanya. Di awal-awal pengantar artikel ini telah disinggung mengenai pemisahan pakaian yang sesuai warna.

Pakaian yang berwarna, apalagi berwarna gelap cenderung mengalami sedikit kelunturan saat dicuci. Pemisahan ini berguna untuk mencegah rusaknya warna pada pakaian yang cenderung berwarna terang.

3. Pengaturan pada Mesin Cuci

Selanjutnya menggunakan pengaturan yang tepat pada mesin cuci. Apabila pakaian yang Anda cuci tidak terlalu kotor, hindari menggunakan siklus pencucian yang berat.

Apabila tetap melakukan menggunakan siklus pencucian yang berat, hanya akan menambahkan keausan ekstra pada pakaian yang membuatnya memudar lebih cepat.

4. Menghindari Mencuci Pakaian Terlalu Sering

Kian sering mencuci pakaian, semakin membuat warna cepat memudar. Maka menghindari pencucian pakaian yang terlalu sering adalah hal penting. Apabila Anda baru mengenakan pakaian beberapa jam saja, cukup menggantung pakaian di luar ruangan agar terkena udara dan membunuh kuman atau bakteri yang menempel.  

5. Membalikkan Pakaian dari Dalam ke Luar

Cara selanjutnya agar tidak cepat luntur adalah membalikkan pakaian dari dalam ke luar. Cara ini bisa melindungi serat luar pakaian dari keausan saat mencucinya.

Serat yang aus dapat membuat warna pakaian memudar. Namun, jika serat dalam yang rusak, tidak masalah, sebab tidak ada orang yang melihat.

Nah, itulah 5 cara mencuci pakaian supaya warnanya tidak cepat luntur. Tentu apabila warna pakaian Anda awet, Anda sendiri yang senang. Anda bisa menekan pengeluaran untuk membeli pakaian yang baru!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak