facebook

5 Dampak Komunikasi yang Kurang Baik dalam Keluarga

Mutami Matul Istiqomah
5 Dampak Komunikasi yang Kurang Baik dalam Keluarga
Ilustrasi anak sendirian (Freepik.com/freepic.diller)

Komunikasi adalah hal yang harus dijaga dalam hubungan apapun. Salah satunya adalah hubungan keluarga. Dengan komunikasi yang baik, maka anggota keluarga bisa menjadi tim yang solid. 

Lantas, apa saja dampak dari komunikasi yang kurang baik dalam keluarga?

1. Tidak ada empati

Yang pertama adalah tidak adanya empati dalam keluarga. Sehingga masing-masing anggota keluarga hanya fokus pada dirinya sendiri tanpa peduli kondisi yang lain. 

Hal ini bukanlah hal yang baik. Pasalnya, seharusnya keluargalah orang yang akan paling peduli kepada kita ketika ada suatu hal yang terjadi atau kondisi yang memerlukan bantuan. Kalau bukan dengan keluarga, maka dengan siapa?

2. Anak tidak akan memahami perasaan orang tua 

Komunikasi yang berjalan kurang baik dalam keluarga akan menimbulkan jarak antara orang tua dan anak. Anak akan sulit memahami perasaan orang tuanya. Padahal seharusnya, anaklah yang paling dekat dan paham dengan perasaan orang tuanya. 

3. Lebih senang di luar rumah 

Rumah yang seharusnya menjadi tempat ternyaman setiap orang menjadi tempat yang kurang menyenangkan bagi beberapa orang yang tidak membangun komunikasi yang baik dengan keluarganya. Akibatnya, semua anggota keluarga lebih senang berada di luar rumah. 

Anak-anak yang mungkin lebih senang di luar rumah bersama teman-temannya akan sangat mungkin terpengaruh kepada pergaulan bebas karena kurangnya komunikasi dan ikatan dengan orang tuanya. 

4. Tumbuh menjadi keluarga yang tertutup

Kurangnya komunikasi membuat keluarga membuat anggota keluarga nyaman dengan dunianya sendiri. Mereka akan terbentuk menjadi pribadi yang tertutup dan memendam permasalahannya sendiri-sendiri. Mereka tidak memiliki tempat untuk bercerita dengan nyaman ataupun sekadar berbagi keluh dan kesah. 

5. Tidak mematuhi aturan di rumah 

Bagaimanapun sebuah rumah membuat aturan, kalau anggota keluarga sudah tidak nyaman dengan tempat yang bernama rumah, maka aturan apapun itu tidak akan ada artinya. 

Aturan-aturan yang ada di rumah hanya akan terbentuk menjadi segala sesuatu yang sekadar di pajang atau menjadi perdebatan tanpa adanya penyelesaian. 

Itu dia 5 dampak komunikasi yang kurang baik dalam keluarga

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak