facebook

3 Hal yang Bisa Membuat Rasa Percaya Diri Menghilang

Vallencia Zhang
3 Hal yang Bisa Membuat Rasa Percaya Diri Menghilang
Ilustrasi percaya diri (Pexels.com/@stywo)

Kepercayaan diri adalah kunci untuk berani tampil di depan umum. Tanpa rasa percaya diri, barang kali akan timbul rasa minder, insecure, dan berbagai perasaan yang membuat kita terkesan ragu untuk berbincang atau sekalipun tampil di publik.

Oleh karena itu, hal yang satu ini sangat penting. Namun, memiliki rasa percaya diri yang berlebih juga tidaklah baik. Rasa percaya diri yang berlebihan justru membuat orang-orang di sekitar kita menjadi risih. 

Sebuah kalimat yang pernah lewat di beranda berbunyi seperti ini : “Kamu cantik, jika kamu percaya diri.”

Tidak bisa dimungkiri, ketika kita tampil dengan rasa percaya diri yang kuat,  orang-orang akan memandang kita dengan aura yang berbeda. Inner beauty kita akan terpancar ketika kita percaya diri.

Akan tetapi, terkadang rasa percaya diri yang kita pupuk sejak lama memudar bahkan hilang. Berikut 3 hal yang bisa membuat rasa percaya diri menghilang

1. Dikritik penampilannya

Hal-hal sederhana seperti cara berpenampilan, baju yang digunakan terkadang dapat menjadi kunci kepercayaan diri seseorang. Akan tetapi, bagaimana jika faktor rasa percaya dirinya itu justru dikritik oleh orang lain? 

“Kamu cewek, tapi kok pakaiannya kayak cowok? Enggak ada sisi ceweknya.”

“Penampilan kamu norak banget, sih? Coba ganti, deh, style berpakaiannya.”

Tentu, hal ini akan membuat tingkat percaya diri kita menurun atau bahkan menghilang. 

2. Dipermalukan kesalahannya

Ketika kita berbuat kesalahan, yang kita butuhkan adalah kritik dan saran positif yang berguna untuk memperbaiki kesalahan itu. Tapi, bagaimana jika kesalahan yang kita itu dijadikan suatu senjata untuk mempermalukan kita?

Terlebih, kita dipermalukan di depan banyak orang. Tentu, kita akan menjadi takut untuk melakukan sesuatu hal lagi, terutama di depan publik. Secara perlahan, hal ini yang membuat kita kehilangan rasa percaya diri. 

3. Selalu disalahkan setiap mengambil keputusan

Di suatu kelompok, pernahkan kita dipilih sebagai seorang pengambil keputusan? Tentu, itu adalah suatu tanggung jawab yang besar. Kita berupaya untuk selalu berhati-hati ketika menentukan keputusan yang baik untuk setiap anggota kelompok.

Tapi, ada kalanya, keputusan yang kita ambil tidak sesuai dengan pendapat anggota kelompok. Hal itu mungkin lumrah terjadi. Namun, terkadang ada saja pihak yang hobi mengkritik keputusan yang kita ambil dan merendahkan kemampuan kita. 

Itu adalah beberapa hal yang barang kali menjadi penyebab hilangnya rasa percaya diri kita. Kamu juga merasakannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak