facebook

6 Hal yang Dapat Dilakukan Setiap Pagi agar Harimu Produktif, Sudah Mencobanya?

Budi Prathama
6 Hal yang Dapat Dilakukan Setiap Pagi agar Harimu Produktif, Sudah Mencobanya?
Ilustrasi bangun pagi. (pixabay)

Bangun pagi adalah aktivitas yang tentu semua orang tidak mudah melakukannya, apalagi kalau dapat melakukan aktivitas yang produktif setiap hari. Saat bangun pagi biasanya masih dihadang dengan rasa ngantuk, sehingga itu dapat menyebabkan rasa malas dan parahnya kalau kita tidur kembali dan bangunnya pun kesiangan.

Saat rasa malas menghadang tidak menutup kemungkinan hanya buang waktu saja dengan percuma. Ujungnya kerja hanya bisa rebahan yang tentu dapat merusak mental seseorang, padahal kalau rasa malas itu selalu dibiarkan dalam diri nantinya bisa membengkak dan makin sulit untuk dilepaskan.

Nah, untuk menghindari rasa ngantuk dan rasa malas, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar auto produktif dari pagi sampai selesai. Semoga dengan mempraktekkannya dapat menjalani aktivitas keseharian bisa produktif.

1. Hindari langsung main HP saat baru bangun

Kalau bisa dan memang perlu untuk membiarkan HP airplane mood selama 15-30 menit. Hal ini bertujuan agar saat baru bangun tidak memulai dengan langsung melihat notifikasi HP yang mungkin bisa bad mood (tagihan, deadline, dan beberapa tugas mendesak lainnya). Ada baiknya untuk memberikan rasa ketenangan diri sendiri selama 15-30 menit sebelum memulai aktivitas agar lebih semangat dan punya kekuatan untuk melakukan poin-poin kegiatan yang akan dilakukan.

2. Mulai dengan rasa syukur

Ada baiknya saat baru bangun untuk memulai dengan sesuatu yang bisa kita syukuri. Hal ini bertujuan agar harimu dapat bisa dilalui dengan rasa kebahagian. Rasa syukur juga mengajarkan kita untuk selalu ingat pada tujuan dan tetap mengevaluasi setiap kegiatan yang sudah dilakukan, kira-kira apa yang masih perlu untuk dilengkapi.

3. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud di sini tidak harus olahraga, tetapi lebih bagus lagi kalau bisa melakukan olahraga sebelum melakukan aktivitas yang lain di pagi hari. Yang penting melakukan aktivitas apapun yang dapat bergerak, karena dengan aktivitas yang bergerak juga bisa menghilangkan rasa ngantuk.

4. Minum kopi

Bagi yang memang suka kopi, jelas sangat bagus kalau memulai hari dengan minum secangkir kopi di pagi hari. Kandungan kopi mengandung kafein yang bisa menghilangkan rasa ngantuk, setelah ngopi maka bisa deh untuk melakukan aktivitas sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Bukan berarti yang tidak suka ngopi tidak bisa memulai aktivitas produktif di pagi hari ya.

5. Tentukan top 3 prioritas hari ini

Kenapa harus menentukan tiga prioritas? Karena kalau banyak bisa saja dapat membuat bingung mau mulainya darimana. Tidak apa-apa jika memang punya lebih dari tiga dalam to do list kamu, tetapi penting untuk menentukan tiga poin terlebih dahulu yang memang dianggap penting untuk diselesaikan hari itu, nanti setelah selesai melakukan tiga poin itu barulah beralih kepada poin lain.

6. Pilih 1 hal untuk dilakukan dan mulai lakukan 

Penting diingat bahwa tips apapun tidak bakalan berguna kalau tidak ada action. Cara termudahnya bisa dengan memilih satu tugas untuk segera mulai dikerjakan, karena semakin ditunda maka pasti akan semakin malas pula.

Itulah 6 cara yang dapat dilakukan setiap pagi untuk mengatasi rasa malas dan membuat harimu bisa produktif. Semoga saja dengan tips di atas dapat membuat konsisten untuk mempraktekkannya setiap hari dan tetap fokus pada tujuan yang telah direncanakan. Sekali lagi penting segera ada action untuk memulai harimu bisa menjadi produktif. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak