facebook

4 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Ketika Musim Hujan, Perlu Diperhatikan!

Rania Erin Oktiara
4 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Ketika Musim Hujan, Perlu Diperhatikan!
Ilustrasi pengendara sepeda motor (Pexels.com/Kevin Bidwell)

Akhir-akhir ini cuaca sulit diprediksi lantaran tiba-tiba hujan dan kembali terik. Namun, alangkah baiknya apabila kita tetap mengantisipasi memasuki musim hujan dengan mempersiapkan diri, khususnya ketika mengendarai sepeda motor. Saat musim hujan, jalanan rawan becek dan licin. Hal itu sangat membahayakan pengendara sepeda motor apabila mereka tidak mempersiapkan diri.

Berikut 4 tips aman berkendara sepeda motor ketika musim hujan. Simak selengkapnya!

1. Cek kondisi sepeda motor

Cek kondisi sepeda motor mulai dari bensin, kondisi ban, kondisi rem depan dan belakang, lampu motor, atau bagian fisik motor lainnya. Segera perbaiki apabila ada bagian yang dirasa rusak atau mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Hal tersebut untuk meminimalisir kejadian tidak diinginkan saat berkendara ketika hujan turun misalnya terpeleset karena ban sudah aus dan gundul, rem blong, atau kejadian buruk lainnya.

2. Persiapkan jas hujan atau payung lipat

Persiapkan jas hujan di dalam bagasi atau bawa payung lipat yang bisa dibawa kemana saja. Sehingga, kamu tidak akan kehujanan meskipun saat berjalan kaki menuju parkiran misalnya. Jangan lupa untuk menjemur jas hujan setelah sampai ke tempat tujuan agar tidak bau dan berjamur.

3. Bawa tas kresek dan sandal

Sediakan tas kresek yang cukup untuk membawa sepatumu saat musim hujan. Tak jarang orang merasa risih dan khawatir karena sepatu mereka basah lantaran akan digunakan keesokan harinya. Oleh karena itu, bawa pula sandal yang tahan air sebagai pengganti sepatu untuk digunakan saat hujan turun.

4. Jangan ngebut

Saat hujan turun begitu deras biasanya jarak pandang mata akan terganggu atau tidak terlihat jelas. Oleh karena itu, jangan mengebut demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, hal ini juga untuk mengantisipasi terpeleset karena jalanan yang basah, berlumpur, atau licin.

Saat air hujan mulai mengenang, biasanya juga tidak terlihat ada kubangan atau jalanan yang rusak. Oleh karena itu, kita perlu lebih hati-hati saat berkendara sepeda motor ketika musim hujan.

Nah, itu dia 4 tips aman berkendara sepeda motor ketika musim hujan. Selalu jaga kesehatan dan tetap waspada!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak