facebook

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Musim Hujan, Hati jadi Tenang!

Rania Erin Oktiara
5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Musim Hujan, Hati jadi Tenang!
Ilustrasi musim hujan (Pixabay.com/Pexels)

Meninggalkan rumah saat musim hujan memang perlu dilakukan dengan ekstra hati-hati dibanding hari biasanya. Mengunci pintu dan mengecek kondisi rumah dalam keadaan aman atau baik-baik saja sudah biasa dilakukan ketika hari biasa. Namun ketika musim hujan, ada yang kurang dari tindakan tersebut dan membutuhkan perhatian agar rumah tetap aman. Apa saja? Simak 5 tips aman sebelum meninggalkan rumah saat musim hujan tiba selengkapnya! 

1. Cek jemuran

Mengecek ada atau tidaknya jemuran di luar rumah dan segera memindahkannya di tempat yang aman apabila kamu masih memiliki jemuran. Jangan sampai jemuranmu basah kuyup tergutur hujan karena lupa diangkat.

Apabila kamu tidak punya jemuran di dalam rumah, sebagai antisipasi lebih baik membuat jemuran manual dari kawat panjang yang dipaku antar dinding. Selain itu, kamu juga perlu memilih waktu yang tepat untuk mencuci pakaian selama musim hujan.

2. Mencabut listrik barang elektronik

Sebelum meninggalkan rumah, jangan lupa mencabut barang elektronik yang menghasilkan sinyal seperti wifi, televisi, dan radio. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya konsleting listrik atau sabaran petir yang bisa mengakibatkan kebakaran.

3. Menutup celah bawah pintu dengan keset atau kayu

Saat musim hujan biasanya banyak binatang kecil yang hendak masuk ke rumah seperti kecoa, cacing, laba-laba, semut, dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan mereka juga ingin mencari tempat berlindung. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya sebelum meninggalkan rumah kamu bisa meletakkan keset di sela-sela bawah pintu bagian dalam dan kayu atau benda panjang lainnya yang bisa menutupi celah bawah pintu di bagian luar. 

4. Tutup semua ventilasi udara

Jangan lupa untuk menutup semua ventilasi udara yang menghubungkan luar dan dalam ruangan seperti jendela dan pintu. Jangan lupa pula untuk mengunci dan memastikannya tertutup dengan baik dan rapat.

5. Sediakan penampung air di area yang rawan bocor

Apabila rumahmu sering bocor di area tertentu. Sediakan penampung air seperti bak atau ember di wilayah yang rawan bocor. Hal itu untuk meminimalisir air hujan membasahi lantai dan membuatnya licin. Jangan lupa pula untuk memberi kain sebagai alas penampung air. 

Selain itu, masukkan barang yang tidak ingin terkena air hujan misalnya sandal, sepatu, bunga, atau barang lain yang riskan terkena air hujan agar pikiranmu saat meningggalkan rumah menjadi tenang.

Nah, itu dia 5 tips aman sebelum meninggalkan rumah saat musim hujan. Semoga bermanfaat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak