facebook

3 Kesalahan Tempat Menyimpan Ponsel, Nomor Tiga Paling Sering

Budi Prathama
3 Kesalahan Tempat Menyimpan Ponsel, Nomor Tiga Paling Sering
Ilustrasi ponsel. (Pixabay.com)

Ponsel termasuk kebutuhan yang hampir setiap orang memilikinya, ponsel adalah alat komunikasi yang paling efektif dan tepat digunakan hari ini. Tanpa ponsel hidup bisa saja akan mengalami ketertinggalan. Kegunaan ponsel hari ini amatlah banyak begitupun dengan perkembangannya semakin canggih, ponsel alat untuk mencari informasi, alat komunikasi, bahkan sudah banyak menggunakannya sebagai sumber penghasilan. 

Sehingga penggunaan ponsel dalam setiap hari tentu tidak bisa dielakkan lagi. Meskipun di era ini perkembangan digitalisasi makin intens, tetapi penggunaan ponsel juga mesti ada batasnya, baik membatasi mengakses hal-hal yang sifatnya negatif maupun membatasi main ponsel secara full dalam sehari. Meskipun perkembangan informasi di ponsel setiap detik mengalami kehangatan, tetapi penggunaan ponsel mesti mampu diminimalisir juga dengan baik. 

Selain itu, saat menggunakan ponsel sering kali juga melakukan kesalahan yang mungkin karena lupa atau sudah terpengaruh virusnya. Ponsel termasuk alat tekhnologi yang sejatinya memiliki batas-batas tertentu saat ingin digunakan begitu pun saat ingin menyimpannya. Ponsel mengandung unsur panas yang bisa saja dapat membahayakan jika terjadi keteledoran oleh penggunanya. 

Terkait dengan itu, kesalahan yang kerap kali juga dilakukan para pengguna ponsel adalah tempat penyimpanan. Meskipun hal sepele, inilah 3 tempat yang sebenarnya terlarang menyimpan ponsel di tempat tersebut, yaitu: 

1. Bawah Bantal

Pasti banyak orang yang saat tidur bermain ponsel sampai-sampai dapat mengantarkan tidurnya. Ada pula usai menggunakan ponselnya itu justru ditaruh di bawah bantal, akibatnya bisa saja tertekan, parahnya ponsel bisa rusak.

Selain itu, menaruh ponsel di bawah bantal bisa pula memicu panas berlebih yang tertahan sehingga meningkatkan resiko kebakaran. Jadi untuk mengurangi resiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tempat yang baik dengan tidak berada di bawah bantal saat ingin tidur, dan ada baiknya pula kalau sudah tidar tidak menjadikan ponsel sebagai pengantarnya. 

2. Dekat wajah

Penggunaan ponsel memang kadang lupa memperhatikan unsur kesehatannya, itu bisa saja terjadi kalau pengguna sudah keasyikan bermain ponsel bahkan bisa saja lupa diri maupun lupa waktu. Selain itu, kadang juga meletakkan ponsel dekat dengan wajah, mungkin karena sudah menjadi kebiasaan atau lupa atas bahaya cahaya ponsel.

Menaruh ponsel dekat wajah jelas dapat membahayakan mata, karena itu dapat mempengaruhi paparan sinar ponsel yang memang berbahaya untuk mata. 

3. Saku celana

Keteledoran inilah mungkin yang paling sering dilakukan dengan menyimpan ponsel di saku celana, apalagi sedang bepergian dengan keadaan terburu-buru. Ponsel yang disimpan di saku celana dalam keadaan aktif dapat meningkatkan radiasinya hingga berlipat ganda. Hal tersebut jelas tidak baik untuk organ vital dan dapat memicu pertumbuhan tumor.

Itulah tiga kesalahan tempat menyimpan ponsel karena dapat mengakibatkan resiko yang cukup fatal, semoga dengan mengetahui tiga bahaya menyimpan ponsel tersebut kita yang sebagai pengguna ponsel dapat segera menghentikannya dan dapat menjadi pengguna ponsel yang bijak. Lebih baik sejak dari awal berupaya untuk mencegah penggunaan ponsel yang beresiko, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari ponsel. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak