facebook

7 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Sudah Lakukan?

Budi Prathama
7 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Sudah Lakukan?
Ilustrasi pria yang dapat menjadi lebih baik.(Pixabay.com)

Menjadi pribadi yang lebih baik bukanlah perkara mudah, apalagi dapat menjadi orang yang selalu produktif dan bisa memberikan manfaat kepada banyak orang. Namun atas dasar itulah kita sebagai manusia harus selalu berupaya untuk bisa menjadi lebih baik. 

Menjadi pribadi yang baik mungkin memiliki banyak tafsir, akan tetapi sejatinya pasti akan selalu mengarah pada hal kebaikan yang dapat memberikan manfaat pada diri sendiri terlebih pada orang lain. Untuk mewujudkan itu tentu butuh perjuangan yang keras dan kesabaran yang tinggi. Di samping itu butuh motivasi, tips, dan berbagai trik atau cara. 

Melalui tulisan ini, setidaknya ada 7 cara yang dapat dilakukan agar dapat menjadi lebih baik seperti yang dikutip melalui akun Instagram @pikiran_terbuka. Namun dari 7 cara itu mungkin masih ada cara lain yang juga bisa dilakukan agar bisa menjadi lebih baik. 7 cara yang dimaksud, di antaranya: 

1. Tidur yang teratur dan bangun pagi

Tidur yang teratur memang sangat penting untuk tetap dijaga karena ia bagian dari kesehatan. Tidur yang berlebihan ataupun kurang tidur sangat tidak direkomendasikan jika ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Umumnya tidur yang baik bisa antara 7-8 jam, dengan memulai tidur saat waktu malam maksimal jam 23.00, dan bangun pagi secepatnya sekitar jam 04.00 pagi. Lagi-lagi sih mana yang baik menurut kita asalkan selalu memastikan bisa bangun pagi dan kondisi tidur tetap teratur pula. 

2. Rencanakan hari kamu (buat to do list) 

Supaya aktivitas keseharian bisa teratur ada baiknya untuk selalu membuat perencanaan terlebih dahulu atau membuat to do list. Hal ini penting agar segala aktivitas yang dilakukan bisa lebih jelas dan terarah, terlebih dapat menjadi pengingat ketika ada to do list yang dibuat. 

3. Mengevaluasi masa kini dan masa depan kamu

Selalu mengintropeksi diri adalah tindakan yang sangat dianjurkan pada setiap manusia. Mengevaluasi kondisi dan aktivitas yang dilakukan hari ini dapat menjadi pemicu untuk bisa lebih baik dari yang sudah dilakukan. Artinya selalu ada upaya agar hari ini bisa lebih baik pada hari esok. 

Di samping itu, kita juga dianjurkan untuk tetap mengevaluasi masa depan yang akan kita tuju. Mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan yang lebih baik dan memperjelas tujuan yang ingin dicapai di masa depan. 

4. Kelilingi diri kita dengan orang hebat

Bergaul dan hidup bersama orang-orang hebat juga berpengaruh besar pada diri kita menjadi lebih baik. Lingkungan sekitar sangat menentukan pengembangan diri kita bisa menjadi lebih baik, karena bergaul dengan orang-orang hebat maka kita pun akan ada semangat dan pengetahuan untuk bisa menjadi lebih baik.

5. Bicarakan ide daripada orang atau kejadian

Membicarakan ide adalah salah satu cara dalam menyelesaikan suatu masalah. Ide bisa muncul melalui proses diskusi, analisa, dan proses belajar yang mendalam untuk menyelesaikan berbagai masalah sehingga ada hasil yang didapatkan lebih baik. 

Ide sangat dibutuhkan untuk dibicarakan kapan, di mana, dan siapa saja. Maka dari itu penting selalu membicarakan ide daripada membicarakan orang yang belum tentu ada manfaatnya. Malah bisa jadi malapetaka jika membicarakan orang dengan adanya indikasi ghibah. Jelas sangat tidak cocok jika ingin menjadi orang yang lebih baik. 

6. Baca buku dengan topik yang kamu disukai

Membaca buku jelas aktivitas sangat produktif dan memberikan banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Membaca buku sangat direkomendasikan karena buku merupakan literatur yang bisa diandalkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Oleh karena itu, ada baiknya selalu memunculkan motivasi agar bisa selalu membaca buku dan salah satu caranya membaca buku dari yang memang disukai. 

7. Lakukan semuanya itu secara konsisten

Untuk bisa menjadi lebih baik tidak mungkin kalau dilakukan hanya sekali saja tetapi perlu membiasakan dan dilakukan secara konsisten. Termasuk melaksanakan secara konsisten dari semua cara yang telah disebutkan di atas. Sehingga makin hari akan ada perubahan meskipun sedikit, tetapi makin lama pula akan banyak dan membuat lebih mudah. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak