facebook

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Apabila Hendak Membuat Rumah Pohon

Risen Dhawuh Abdullah
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Apabila Hendak Membuat Rumah Pohon
Ilustrasi pohon. (pixabay.com)

Mungkin Anda merupakan salah satu yang mempunya halaman cukup luas dan terdapat pohon besar. Pernah Anda berpikir ingin membangun rumah pohon?

Rumah pohon bisa Anda jadikan ruang alternatif bagi keluarga untuk menghabiskan waktu, sekadar bersantai. Mengasyikan bukan?

Jika Anda ingin membangun rumah pohon, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini agar tidak merusakan pohon yang akan Anda banguni rumah.

1. Memperhatikan Desain Rumah Pohon

Pertama adalah memperhatikan desain rumah pohon. Jangan dikira membangun rumah pohon tidak didesain. Jelas, desain begitu penting. Mengapa? Agar bisa memperkirakan ruang atau space yang digunakan dalam membangun rumah pohon, sehingga tidak harus memotong dahan-dahan pohon.

2. Memperhatikan Ukuran Pohon

Selanjutnya adalah memperhatikan ukuran pohon yang akan Anda gunakan untuk tempat rumah pohon. Mengapa begitu penting? Ukuran pohon yang tidak besar dan kuat akan membahayakan penggunanya. Pohon bisa roboh karena tidak kuat.

3. Memperhatikan Kekuatan Pohon

Bagaimana maksudnya? Coba sebelum membangun rumah pohon, Anda mengetes kekuatan pohon dengan cara melihat ketika pohon itu harus menahan hujan dan badai. Jika pohon itu masih tetap tegar, artinya layak Anda jadikan tempat membangun rumah pohon. Ingat, bahwa keselamatan adalah yang utama.

4. Kualitas Kayu yang Digunakan

Memperhatikan kualitas kayu yang Anda gunakan untuk membangun rumah pohon juga penting. Biasanya rumah pohon memang terbuat dari kayu. Contoh kayu yang kuat adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu Kalimantan, dll. Hindari penggunaan kayu yang mudah lapuk.

5. Menghindari Kabel Listrik

Ketika Anda hendak membangun rumah pohon, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kabel listrik. Apakah ada kabel listrik yang melintas di pohon yang akan Anda bangun rumah? Jika ada, sebaiknya urungkan niat Anda membangun rumah.

Hal ini untuk menjaga keselamatan diri Anda dan pengguna yang lain. Jika memang tidak mendukung jangan dipaksakan!

Nah, itulah 5 hal yang perlu diperhatikan apabila hendak membuat rumah pohon. Berada di rumah pohon akan memberi kesan tersendiri tentunya. Anda bisa merasakan semilir angin dari rumah pohon!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak