facebook

6 Tipe Teman saat Mengerjakan Tugas Kelompok, Kamu yang Mana?

Rania Erin Oktiara
6 Tipe Teman saat Mengerjakan Tugas Kelompok, Kamu yang Mana?
Ilustrasi orang berdiskusi (Pixabay.com/sasint)

Tugas kelompok terkadang terasa menyenangkan ataupun mengenaskan tergantung dengan teman satu anggota kelompok tersebut. Punya teman satu anggota kelompok yang suportif dan disiplin merupakan salah satu rezeki yang bisa dirasakan ketika mengerjakan tugas kelompok.

Namun sebaliknya, tak jarang orang sampai mengelus dada karena harus sabar saat menghadapi temannya yang pemalas. Berikut ada 6 tipe teman saat mengerjakan tugas kelompok bersama. Kamu yang mana?

1. Si rajin dan gerak cepat

Si rajin dan suka gerak cepat (gercep) ini biasanya paling diandalkan dalam satu kelompok. Ia sangat disiplin dan teratur sehingga tugas kelompok bisa diselesaikan tepat waktunya.

Selain itu, ia juga tidak suka menunggu teman lainnya apabila tidak suportif pada pengerjaan tugas. Ia memilih untuk mengerjakan bersama anggota kelompok lainnya yang bisa diajak kerjasama dan diskusi.

2. Si suka hadir tapi enggak berbuat apapun atau pasif

Pernah enggak sih, kamu punya teman dengan tipe seperti ini? Pasti sebagian orang pernah merasakannya. Teman satu ini selalu hadir saat diajak mengerjakan tugas kelompok.

Namun, kehadirannya terkadang juga tidak berarti apapun karena ia tidak berinisiatif mengerjakan tugas apabila tidak disuruh. Ia juga sering tertidur atau main games ketika anggota kelompoknya sibuk mengerjakan tugas.

3. Si tukang nge-print

Ada tipe teman yang jarang hadir dan sulit untuk diajak diskusi tapi suka kalau disuruh nge-print meskipun pakai uangnya sendiri. Ia lebih memilih untuk membantu secara ekonomi untuk kontribusinya pada kelompok.

4. Si jarang hadir tapi suka kirim konsumsi

Selain tukang nge-print, ada pula tipe teman yang jarang hadir tapi sering kirim makanan atau minuman untuk anggota kelompoknya. Tipe ini sama seperti si tukang nge-print yang mendukung timnya dengan cara lain.

Mereka sadar diri bahwa kontribusinya untuk diskusi terbilang kurang, sehingga melakukan kedua cara ini sebagai bentuk sikap tahu diri.

5. Si pemalas

Tipe teman seperti ini seringkali dihindari saat kerja kelompok. Namun, apa boleh buat apabila anggota kelompok sudah ditentukan. Mau tidak mau harus menerimanya menjadi anggota kelompok.

Tipe pemalas ini tidak berkontribusi apa pun dalam kelompok, atau bisa disebut hanya numpang nama. Kalaupun diberi pembagian tugas, ia juga tidak tepat waktu saat mengumpulkan.

6. Si sok sibuk atau tidak peduli

Ada tipe teman yang sok sibuk ketika diajak mengerjakan tugas kelompok. Ia menggunakan banyak alasan sehingga terlihat sangat sibuk dan produktif dalam urusan pribadinya. Ia lupa bahwa tugas kelompok juga merupakan tanggung jawab dan menjadi kewajibannya untuk mengerjakan.

Nah, itu dia 6 tipe teman saat mengerjakan tugas kelompok bersama. Adakah temanmu yang seperti itu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak