facebook

3 Tips agar Tidak Menyesali Masa Lalu yang Kelam, Segera Cek!

Rosi be faro
3 Tips agar Tidak Menyesali Masa Lalu yang Kelam, Segera Cek!
Ilustrasi menyesali masa lalu yang kelam (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kejadian yang sudah terjadi bisa dikatakan adalah pelajaran untuk masa depan. Artinya masa lalu adalah evaluasi dari segala sesuatu yang menyangkut tentang kita. Apakah masa lalu itu adalah hal buruk ataupun hal yang baik. Tergantung dari Anda bagaimana cara untuk menentukan sikap dan tindakan dari masa lalu Anda.

Penting sekali bahwa menyesali masa lalu bukanlah solusi untuk menghadapi hidup Anda. Meratapi bahkan cenderung menyalahi masa lalu Anda adalah perbuatan yang bisa menyiksa batin Anda terutamanya masa lalu yang kelam dan penuh drama yang buruk bagi Anda.

Tentunya ini sangat penting untuk mengevaluasi serta menyikapi masa lalu kelam tersebut agar Anda tidak terbelenggu dan bisa menatapi penuh semangat dan bahagia pada masa depan.

Berikut ini 3 tips agar tidak menyesali masa lalu yang kelam.

1. Ubah pandangan Anda

Masa lalu tidak bisa diubah karena waktu tidak bisa diputar kembali, yang ada hanya mempelajari serta merenungkan apa yang sudah terjadi supaya baik untuk ke depannya.

Berbicara tentang menyesali masa lalu yang kelam, maka Anda harus menyikapinya dengan mengubah pandangan Anda yakni dengan membuat masa lalu itu sebagai pelajaran.

Artinya jika Anda melakukan kesalahan di masa lalu maka untuk ke depannya Anda jangan mengulanginya lagi dan berupaya untuk memperbaikinya. Itulah cara merubah pandangan masa lalu kelam dengan tidak menyesalinya.

2. Jangan terlalu termenung dengan masa lalu yang kelam

Tidak baik bagi Anda yang memiliki masa kelam yang buruk untuk terus diratapi. Karena hal itu bisa mempengaruhi emosi serta masa depan Anda. Untuk melupakan masa lalu itu maka janganlah meratapi dengan dalam masa kelam itu.

Cukup jadikan pelajaran dan pengalaman serta anggaplah setiap orang pasti memiliki masa lalu yang berbeda dan itu adalah hal yang biasa terjadi pada manusia.

3. Hiduplah dengan semangat

Meratapi masa lalu serta menyesalinya hanya akan membuat jiwa dan pikiran Anda akan terus merana. Lebih baik Anda mulai meninggalkan masa lalu yang kelam dan membuat catatan baru dalam hidup, yakni bersemangat untuk mengarungi hidup ini. Karena dengan hidup penuh semangat maka Anda akan mudah bahagia dan tidak mudah sedih dan merana.

Itulah 3 tips agar tidak menyesali masa lalu yang kelam. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak