facebook

Tips Aman Latihan Angkat Beban bagi Pemula, Segera Cek!

Anang wan
Tips Aman Latihan Angkat Beban bagi Pemula, Segera Cek!
Ilustrasi gym. (Pexels)

Halo sobat semua, apa kabar? Semoga kalian sehat-sehat terus ya! Nah, apakah kamu pernah berpikir untuk memiliki bentuk tubuh ideal? Seperti otot yang bagus, dan bentuk tubuh yang macho (bagi yang cowok nih).

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mewujudkan hal itu. Mulai dari olahraga yang rutin, dan imbangi dengan makanan yang sehat dan tidur yang cukup. 

Jenis-jenis olahraga juga ada banyak, tergantung kamu ingin membentuk otot tubuh bagian yang mana. Misalnya, push up untuk melatih otot lengan, sit up untuk otot perut, bersepeda untuk otot kaki, dan masih banyak lagi jensi olahraga lain yang bisa kamu lakukan.

Kali ini kita akan membahas tentang Angkat beban. Nah, bagi para pemula sudah tahu belum tips aman olahraga angkat beban untuk pemula. Jika belum tahu, simak terus ya! 

Mungkin penjelasan berikut bisa bermanfaat bagi kamu. Yang dilansir dari laman hellosehat.com.

Sebagai pemula, olahraga angkat beban/angkat barbel merupakan latihan yang umum dilakukan untuk memperbesar otot lengan. Ada banyak ukuran/berat barbel, mulai dari yang kecil hingga besar. Itu tergantung kamu sih!

Sebaiknya, untuk pemula mulailah dari beban yang kecil. Tapi, sesuaikan juga denga kemampuan ya! Kamu bisa meminta bantuan dari personal trainer atau pelatih profesional untuk membantu kamu.

Untuk kamu yang pemla, berikut ini ada beberapa jenis latihan barbel yang perlu kamu ketahui.

1. Barbell deadlift (tujuan untuk membentuk otot tubuh, seperti punggung atas, glutes, perut, dan belakang paha)

2. Barbell front squat (untuk melatih otot paha depan, perut, glutes, dan punggung atas)

3. Barbell good morning (untuk melatih otot paha bagian depan dan belakang, dan glutes)

Tips bagi kamu nih, sebaiknya untuk kamu yang pemula jangan paksakan diri untuk langsung mahir memakai barbel. Sebaiknya kamu beradaptasi dulu sebelum menggunakan alat olahraga yang satu ini.

Sebaiknya kamu memakai dulu barbel yang tidak terlalu berat yang tidak terlalu membebani kamu. Jika kamu sudah mulai menguasainya, perlahan tapi pasti kamu bisa mencoba untuk mengembangkan latihan yang lebih menantang dengan barbel yang lebih berat.

Ingat juga ya, pemanasan dan hal-hal lain yang harus diperhatikan sebelum mulai berolahraga.

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak