facebook

3 Cara Jago Berbahasa Inggris dengan Cepat, Apa Saja?

summer jacqueline
3 Cara Jago Berbahasa Inggris dengan Cepat, Apa Saja?
ilustrasi belajar (Unsplash.com)

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang harus dipelajari dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, di masa yang serba maju ini, kemampuan Bahasa Inggris seringkali dijadikan sebuah tolak ukur sesorang. Misalnya, dalam hal melamar pekerjaan. Seringkali lowongan pekerjaan secara jelas menyatakan bahwa kandidatnya harus mahir berbahasa Inggris.

Apalagi untuk kamu yang gemar berpergian ke luar negeri. Di luar negeri, mode bahasa yang tersedia kebanyakan adalah Bahasa Inggris dan bahasa tujuan, misalnya Jepang atau Korea. Bahasa Indonesia hampir tidak dapat ditemukan. Mempelajari bahasa baru setiap pergi ke negara baru kemungkinan akan terasa sulit.

Namun, jika kamu mahir berbahasa Inggris, itu sudah sangat cukup untuk memudahkan kehidupanmu di luar negeri tanpa harus mempelajari bahasa baru setiap berpergian ke negara berbeda.

Lalu, bagaimana cara mempelajari bahasa Inggris agar cepat mahir? Kamu dapat menggunakan cara berikut ini:

1. Menonton Serial atau Film Berbahasa Inggris dengan Subtitle Bahasa Inggris

Menonton serial berbahasa Inggris terlihat sangat sederhana namun cukup efektif membantu kamu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dibantu dengan subtitle Bahasa Inggris, kamu dapat mengumpulkan banyak kosa kata baru.

Selain itu, penggunaan subtitle Bahasa Inggris juga membantumu memahami cara pengucapan dengan benar serta membuat telingamu lebih familiar dibandingkan dengan subtitle Bahasa Indonesia.

2. Membaca Buku Cerita dalam Bahasa Inggris

Daripada membaca buku pelajaran dalam Bahasa Inggris, bacaan ringan seperti buku cerita akan lebih membantumu untuk belajar Bahasa Inggris. Tentukan genre buku kesukaanmu dan carilah versi bahasa Inggrisnya.

Jangan menerjemahkan kata demi kata selama membaca cerita. Tebak kata-kata yang tidak kamu ketahui dan highlight kata itu. Setelah selesai membaca 1 bab misalnya, pergi ke mesin terjemahan atau buka kamus dan bandingkan kata Bahasa Inggris yang kamu tebak artinya tadi dengan arti sesungguhnya.

Hal ini terbukti membuat ingatanmu lebih tajam terhadap kosa kata dalam Bahasa Inggris. Buku cerita yang menarik juga membuat pembaca tidak mudah bosan dan ingin selalu membalik setiap halaman untuk mencari tahu akhir dari cerita tersebut. Jadi, pastikan cerita yang kamu baca dapat menarik perhatianmu dengan baik.

3. Mendengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Mendengarkan podcast akhir-akhir ini menjadi sebuah tren dikalangan remaja. Pasalnya, topik-topik yang diangkat sangat beragam dan menarik. Mendengarkan podcast juga dapat membantu kamu belajar Bahasa Inggris.

Kamu dapat mencari podcast berbahasa Inggris dengan topik yang menarik. Karena podcast cenderung informal, Bahasa Inggris yang digunakan biasanya merupakan Bahasa Inggris sehari-hari yang dapat segera diaplikasikan di kehidupan nyata. Maka dari itu, podcast adalah salah satu alternatif paling baik untuk seseorang yang ingin mempelajari bahasa baru.

Bagaimana? Siap mahir berbahasa Inggris?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak