facebook

5 Cara Mencegah Stres Berat yang Kerap Mengganggu Keseharian

Novita Sari
5 Cara Mencegah Stres Berat yang Kerap Mengganggu Keseharian
Ilustrasi seseorang yang stres (unsplash.com)

Stres adalah respons  atau reaksi emosional  dalam menghadapi tekanan. Stres bisa dialami oleh siapa saja dari yang tua sampai dengan yang mudah. stres berat jika berlangsung lama dan di biarkan dapat merusak kesehatan kita. Mengutip dari laman instagram psikologid, berikut 5 cara untuk mencegah stres berat.

1. Menceritakan masalah keorang terdekat

Ketika kamu memiliki masalah, ada baiknya kamu menceritakannya keorang terdekat kamu misalkan keluarga atau teman yang kamu percaya. Kamu jangan menyimpan masalah kamu sendiri karna itu bisa berakibat buruk untuk dirimu. 

Bercerita ke orang yang tepat bisa meringankan beban pikiran kita karena mereka akan memberikan kita support atau solusi tentang masalah kita.

2. Berpikir positif

Selalu bersikap positif, hindari hal-hal yang membuat pikiranmu tidak nyaman. Dengan berpikir positif bisa membuat hidup kamu lebih bahagia karna terhindar dari pikiran-pikiran yang bisa membuat kamu stres. 

3. Tulis buku harian

Tidak semua orang bisa menceritakan masalahnya  atau terbuka tentang dirinya kepada orang lain. Namun, dengan menulis buku harian kamu bisa mencurahkan isi hati  dan menyampaikan semua apa yang  kamu rasakan lewat tulisan tanpa harus menceritakannya kepada orang lain dengan begitu beban pikiranmu bisa berkurang.

4. Istirahat dan tidur yang cukup

Istrahat dan tidur  yang cukup dapat mempengaruhi suasana hati dan pikiran. Orang yang istirahat dan tidur cukup akan melewati aktivitas hari-harinya dengan hati dan pikiran yang tenang.

Berbeda dengan mereka yang istirahat dan tidurnya tidak cukup cenderung memberikan respon negatif yang membuat suasana hati dan pikirannya menjadi tidak tenang 

5. Pergi berlibur

Berlibur dengan keluarga atau teman adalah salah satu cara untuk meyegarkan pikiran dari hal-hal yang membuat emosi kita atau suasana hati menjadi tidak tenang.

Dengan berlibur membuat dirimu bisa melupakan sejenak semua masalah atau pekerjaan yang membuatmu stres dan mampu membuat pikiranmu menjadi lebih tenang.

Nah, itulah lima cara untuk mencegah stres berat. Apakah kamu salah satu  orang yang mengalami stres? cobalah untuk menerapkan empat hal di atas.          

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak