facebook

5 Hal yang Bisa Dilakukan Fresh Graduate, Tertarik Mencobanya?

Anisa Rachma Agustina
5 Hal yang Bisa Dilakukan Fresh Graduate, Tertarik Mencobanya?
Ilustrasi Fres Greduate (Pexels/Monstera)

Beberapa kawan di bulan ini sudah sidang skripsi, berarti kemungkinan beberapa bulan ke depan mereka akan segera wisuda. Momen wisuda adalah momen yang sangat ditunggu oleh setiap mahasiswa. Dimana setelah 8 semester berkuliah akhirnya dapat mengenakan toga dan bersua foto dengan keluarga dan para sahabat. Setelah momen wisuda beban menjadi mahasiswa sudah hilang, namun tanpa dipungkiri beban kehidupan sebenarnya akan menghampiri kita.

Setelah wisuda berarti para mahasiswa fresh graduate harus segera menentukan arah gerak. Akan lanjut pascasarjana atau akan bekerja. Beberapa perusahaan membuka lowongan untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, namun tak sedikit pula para fresh graduate yang kelimpangan bingung karena tak kunjung mendapatkan kerja. Dalam artikel ini kami akan membahas 5 hal yang bisa dilakukan fresh graduate setelah wisuda. Berikut lima hal yang bida dilakukan fresh graduate:

1. Magang

Dengan magang kamu akan lebih mengenal dunia kerja, pilih tempat magang yang sesuai dengan passion kamu supaya saat magang kamu akan nyaman. Dengan magang kamu akan menambah relasi, jadi ketika kamu magang dengan bersungguh-sungguh maka perusahaan akan menarik kamu menjadi karyawan tetap. Tunjukan keseriusasanmu dalam bekerja supaya kamu mendapat predikat anak magang yang loyal terhadap perusahaan.

2. Mengasah Skil

Sebelum menemukan tempat bekerja yang sesuai dengan ijazah, passion, serta lingkungan yang cocok. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk mengasah skill yang kamu miliki. Misalnya untuk kamu yang memiliki hobby fotografi maka tekuni hobbimu kamu bisa membuat konten-konten mengenai tips fotografi, cara mengambil gambar aestetic dengan ponsel, cara pose foto yang menarik dan beberapa konten yang bisa mengasah skillmu.

3.  Membuka Usaha

Opsi ketiga ini adalah jalan ninjamu, meskipun ijazah sarjana ada ditangamu, tak ada salahnya kamu mulai merintis usaha. Dengan membuka usaha kamu tak perlu kebingungan untuk mencari pekerjaan, interview, tes, dan berdebar menunggu hasil dari seleksi tersebut. Kamu justru bisa mengeksplore dirimu dan bakatmu. Pilih usaha yang sesuai dengan kegemaranmu, misalnya kamu yang memiliki hobby memasak kamu bisa membuka open po masakan, awalnya kamu bisa menawarkan daganganmu ke tema dekatmu. Setelah itu kamu bisa mendaftarkan daganganmu ke berbagai aplikasi seperti shopie food, go food, grab food, dan beberapa canal online lainnya. Jangan lupa buat instagram khusus tokomu supaya orang lebih mengenal daganganmu.

4. Mendaftar CPNS

Memiliki anak yang menjadi CPNS adalah dambaan setiap orang tua, orang tua akan sangat bangga apabila anaknya ketrima menjadi CPNS ketika diterima menjadi seorang CPNS berarti ketika ia bekerja hingga masa tuanya sudah dijamin oleh negara. Maka dari itu apabila ada pendaftaran CPNS jangan lupa untuk ikut peruntukan, barangkali kamu adalah salah satu yang beruntung bisa menjadi CPNS.

5. Aktif di Info Jobstreet

Opsi yang terakhir adalah kamu sebagai seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja hendaknya aktif di beberapa kegiatan jobstreet dengan demikian kamu akan menghimpun info untuk mendapat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan pasionmu.

Itulah lima kegiatan yang bisa dilakukan para fresh graduate. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak