facebook

4 Tips untuk Karakter Pemalu agar Mudah Mendapat Teman Baru

Adira Putri Aliffa
4 Tips untuk Karakter Pemalu agar Mudah Mendapat Teman Baru
Ilustrasi anak-anak muda (Pexels.com/Helena Lopes)

Sebagai makhluk sosial, interaksi dengan orang baru tentunya sangat penting untuk ditingkatkan. Sebab, setiap manusia tak lepas dari ruang sosial sesamanya. Apalagi bila kamu berada di tempat yang baru. Khususnya di sekolah atau di kampus. Pastinya peran teman sangatlah penting untuk menunjang kehidupan sosialmu. Tanpa kehadiran teman, kamu akan merasa kesepian dan kehidupanmu di sekolah atau kampus akan cenderung monoton. Apabila kamu masih merasa pemalu untuk memulai pertemanan baru, yuk simak 4 tips ini dulu!  

1. Memulai Interaksi Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapat teman baru adalah dengan memulai interaksi terlebih dahulu. Sebagian besar orang merasa sulit memperluas relasi karena mereka malu untuk memulai interaksi. Padahal tak ada salahnya untuk mengajak mengobrol pertama kali. Malahan itu bisa menjadi awal yang baik dan membuat lawan bicara merasa dihargai.

Jadi, yuk sekarang berani untuk berbicara terlebih dahulu. Boleh memulainya dengan omongan basa-basi atau pertanyaan yang memang butuh jawaban. Sesuaikan saja dengan keadaan.

2. Tunjukkan Ketertarikan yang Wajar

Tips yang kedua adalah kamu harus menunjukkan ketertarikanmu kepada teman baru. Hargai saat ia berbicara, dengarkan sampai habis, dan respon dengan baik. Namun, kamu juga perlu memperhatikan bahwa ketertarikanmu masih dalam batas wajar. Tak baik, bila terlalu berlebihan. Sebab terkadang respon yang berlebihan bisa membuat beberapa orang merasa tak nyaman dekat denganmu.

Begitupun sebaliknya, terlalu pendiam dan cuek terhadap orang baru juga bisa membuat orang itu malah tidak tertarik denganmu. Intinya, memang perlu keseimbangan dan sebuah perilaku yang secukupnya saja. 

3. Cari Kesamaan

Hal yang bisa membuatmu mudah dekat dengan orang baru adalah sebuah kesamaan di antara kalian. Ketika kamu berkenalan dengan orang baru tak ada salahnya untuk mencari kesamaan yang bisa membuat kalian betah bersama dan cocok. Misal kalian sama-sama menyukai film horror, sama-sama suka menyanyi, menulis, travelling, dan kegiatan atau hal lain yang sama. Dengan adanya kesamaan tersebut kalian bisa lebih dekat dan semakin ingin mengenal lebih dalam satu sama lain.

4. Berbuat Baik dan Jadi Apa Adanya

Tips terakhir ini bisa dibilang sangat penting. Untuk bisa dekat dan memperluas relasi, kamu juga perlu berbuat baik dan menjadi apa adanya dirimu. Tunjukkan ciri khasmu yang membuat orang baru mudah mengingatmu. Atau lakukan suatu hal baik dengan tulus agar orang baru bisa dengan mudah respect denganmu. Sebarkan kebaikan di manapun dan kapanpun, karena buahnya nanti akan menghadirkan banyak kebaikan lain. Sebab orang yang baik akan selalu dikeliling oleh orang-orang yang baik pula.

Nah itu dia tadi 4 tips agar kamu lebih mudah mendapatkan teman baru. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Sampai ketemu di artikel-artikel selanjutnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak