facebook

4 Cara Mengatasi Pasangan yang Cemburu, Jangan Disepelekan!

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Mengatasi Pasangan yang Cemburu, Jangan Disepelekan!
Ilustrasi pasangan bertengkar (Freepik.com/tirachardz)

Kata orang, cemburu adalah tanda cinta. Setiap orang bisa merasa cemburu. Namun apakah setiap orang bisa mengatasi pasangannya yang sedang cemburu? Nyatanya, menyikapi pasangan yang sedang cemburu memang tidak semudah itu.

Banyak yang salah menyikapi, sampai akhirnya kecemburuan itu tidak menghilang, tapi justru bertambah. Lantas, bagaimana cara yang benar?

1. Jangan menyepelekan

Jangan pernah menyepelekan pasangan yang sedang cemburu. Baik itu dengan orangnya maupun perasaannya. Apalagi sampai mengucapkan "Halah, gitu doang marah" karena itu sangat menyebalkan. 

Paling tidak, dengarkan apa yang pasanganmu sampaikan. Duduk dan rangkullah. Sering kali, apa yang dianggap kita biasa, tidak sebiasa itu di mata orang lain. Kamu harus belajar memahami banyak sudut pandang, tidak mengutamakan egomu sendiri. 

2. Jangan balik emosi

Kamu juga harus menghindari untuk balik emosi kepadanya. Pasalnya, jika hal itu terjadi, maka akan sangat mungkin muncul banyak perdebatan yang lebih sulit untuk diselesaikan. 

Alih-alih balik emosi, akan lebih baik jika kamu memahami penyebab kemarahannya. Bagaimana cara pasangan melihatmu sampai kamu menjadi begitu salah. 

3. Yakinkan dengan baik

Ketika pandangan pasangan dalam melihatmu tidak seperti yang dia kira, maka inilah waktu bagimu untuk memberi penjelasan. Berilah penjelasan dengan baik dan hati-hati agar pasanganmu tidak bertambah kecewa. 

Tentu saja, penjelasanmu ini bukan perkara yang mudah untuk diterima. Sangat mungkin untuk ditolak secara mentah-mentah oleh pasangan.

Namun, kamu harus membulatkan tekad untuk meluruskan segala sesuatu yang salah mengenai dirimu dan pasangan. Sabar adalah kuncinya. 

4. Hindari ke depannya 

Kalau kamu sudah memahami batasan di mana pasangan merasa cemburu ketika kamu melakukan itu, maka jangan pernah melakukannya lagi ke depannya. 

Jadikan perdebatan sekarang menjadi pembelajaran untuk kamu dan pasangan supaya lebih memahami dan menjaga perasaan satu sama lain. 

Itu dia 4 cara mengatasi pasangan yang cemburu. Meskipun cemburu adalah tanda cinta, namun kalau tidak diatasi dengan baik, cemburu juga bisa menjadi penghancur cinta itu sendiri. Maka dari itu, selain bersyukur bahwa kita dicintai oleh seseorang, kita juga harus menjaga cinta yang telah diberikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak