facebook

5 Langkah Mengatasi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Mutami Matul Istiqomah
5 Langkah Mengatasi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan
ilustrasi wanita sedih. (freepik.com/cookie_studio)

Cinta yang bertepuk sebelah seringkali menyebabkan sakit hati yang tak berkesudahan. Tidak sekadar tentang pujaan hati yang gagal dimiliki, tapi juga mengenai seseorang yang ada dan menjadikan perbandingan. Gagal mendapatkan pujaan hati saja sudah sakit, ditambah sakit lagi karena ada orang lain yang berhasil merengkuh hatinya. 

Jangan dulu merasa jatuh dan kehilangan harapan. Berikut ini merupakan langkah yang harus kamu ambil ketika mengalami cinta bertepuk sebelah tangan

1. Jangan merasa dirimu tidak berharga

Stop menyalahkan diri sendiri. Karena hal yang kamu alami tidak ada yang bersalah sama sekali. Merasa dirimu tidak berharga hanya akan membuat kesedihan yang kamu rasakan bertambah parah. Jadi, jangan terus terfokus pada dirimu yang kurang sesuatu dan ada orang lain yang lebih sempurna. Kamu juga sempurna, kok! 

Bagaimana kalau kamu berusaha untuk mengambil sisi baiknya saja. Misalnya, mungkin Tuhan ingin kamu lebih fokus pada diri sendiri, fokus kepada karir, atau hal yang lainnya. Tidak mendapatkan seseorang yang kita cintai, bukan akhir dari segalanya. Masih banyak hal yang bisa kita capai. Jadi, ayo kita harus semangat!

2. Sadari ada yang lebih baik di depan sana

Apakah kamu tahu bahwa terkadang kita harus sakit dan menunggu terlebih dahulu untuk menemukan yang benar-benar terbaik untuk kehidupan kita. Mendapatkan sesuatu yang baik dan kita harapkan, bukankah akan selalu ada ujian dan rintangannya? 

Jadi, mungkin patah hatimu yang kemarin adalah salah satu langkah untukmu mendapatkan seseorang yang jauh lebih baik dan jauh lebih sesuai dengan harapanmu selama ini. Kamu hanya perlu berpikir positif, memperbaiki diri dan menunggu waktu itu tiba. 

3. Hargai keputusan si dia 

Marah, emosi dan kecewa tentu ada dan tidak bisa untuk dihilangkan. Namun, kamu juga harus menghargai keputusan si dia. Bukankah semua orang memiliki hak atas hidupnya sendiri? Jadi kamu juga tidak boleh memaksa dia untuk hidup sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 

Kamu harus berusaha untuk menjadi seseorang yang dewasa dan tetap bijaksana di depan matanya. Meskipun tentu kamu rapuh sekali, tapi jangan tunjukkan itu di depannya.

4. Jangan buru-buru cari pelarian 

Mungkin kamu akan berpikir, ketika dia bahagia dengan yang baru, maka kamu harus segera menemukan seseorang yang bisa menjadi pelampiasan emosimu saat itu. Istilahnya, ketika dia bersama orang lain, maka kamu juga ingin tampil bersama orang lain. Sekilas, itu rencana yang menarik, ya?

Tapi, apakah kamu harus menyakiti orang lain hanya demi membuatmu bisa terlihat bahagia? Apakah kamu harus mengorbankan orang lain untuk menutupi kerapuhanmu itu? 

Membangun hubungan baru dengan orang lain membutuhkan kesiapan. Kalau kamu hanya berpikir sempit untuk membalas dendam, maka hubungan yang akan kamu jalin tidak akan bertahan. Apakah kamu mau sakit hati dan lebih merasa malu lagi?

5. Putuskan komunikasi 

Komunikasi yang terjalin antara kamu dan si dia mungkin hanya akan membuat perasaanmu bertambah buruk. Bagaimana tidak, kamu yang sedang sedih dan tersiksa sendirian harus melihat si dia bahagia bersama orang lain? Status yang mesra dan postingan yang kian bertambah banyak, bukankah hanya akan membuatmu merasa tidak bahagia?

Mungkin, jalan terbaik adalah untuk memutuskan komunikasi antara kamu dan dirinya. Blokir semua media sosial yang dia miliki. Kamu harus mencari ketenangan dan menyembuhkan luka dalam hatimu. 

Itu dia 5 langkah mengatasi cinta bertepuk sebelah tangan

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak