facebook

Harus Tau! 5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi di Hotel

ipang peralta
Harus Tau! 5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi di Hotel
Ilustrasi kamar hotel. (freepik.com/author/katemangostar)

Banyak tamu hotel khawatir bahwa kamera tersembunyi merekam apa yang mereka lakukan di kamar mereka. Ada banyak laporan tentang kamera tersembunyi yang ditemukan, yang tidak mengherankan mengingat betapa mudah dan murahnya untuk mendapatkan perangkat semacam ini.

Kamera tersembunyi biasanya dipasang di toilet, ruang ganti atau kamar tidur di penginapan atau hotel. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat hal tersebut, Kamu harus tetap waspada, jika ingin menginap di hotel.

Berikut cara yang sangat mudah untuk menemukan hotel dengan kamera tersembunyi:

1. Tingkatkan kemampuan observasi

Kita harus memperhatikan hal-hal di sekitar kita, apakah ada di tempatnya atau tidak. Misalnya, jika bingkai foto berubah waktu atau jika jam alarm berada di tempat yang salah.

Salah satu perusahaan yang menjual kamera keamanan, Reolink, menulis posting blog berjudul "Bagaimana Menemukan Kamera Tersembunyi dalam Beberapa Menit?" Dia berkata, "Orang biasanya menyembunyikan kamera di tempat umum."

2. Cek jaringan WiFi

Kamera tersembunyi biasanya terhubung ke jaringan WiFi lokal sehingga dapat dilihat dari kejauhan. Aplikasi pemindaian WiFi seperti Fing dapat mengidentifikasi perangkat kamera di jaringan.

Orang yang menyembunyikan kamera mungkin menggunakan jaringan WiFi lain, tetapi aplikasi juga dapat mendeteksi berapa banyak jaringan WiFi lokal yang ada.

Seorang pakar keamanan menyarankan untuk melacak perangkat yang mentransmisikan di jaringan mereka sendiri. Aplikasi seperti WiGLE dapat menemukan perangkat yang memancarkan WiFi atau nama jaringan bluetooth, yang dapat berupa kamera tersembunyi

3. Membeli perangkat pendeteksi kamera tersembunyi

Perangkat untuk menemukan kamera tersembunyi dapat melacak frekuensi radio yang terhubung ke kamera dan dapat dibeli secara online.

Masalah dengan metode ini adalah hanya akan berfungsi jika kamera tersembunyi dapat mengirim data. Banyak kamera tersembunyi menggunakan kartu SD karena lebih sulit ditemukan.

4. Matikan lampu

Langkah selanjutnya adalah mematikan lampu dan melihat sekeliling ruangan dengan senter smartphone. Bahkan lensa kamera kecil biasanya memantulkan cahaya, Jadi cahaya akan terpantul dari lensa kamera.

5. Cabut perangkat yang mencurigakan

Cara lain adalah dengan menyingkirkan perangkat yang tampak aneh. Kemudian, letakkan perangkat di laci atau ruangan tertutup. Atau, kamu bisa menggunakan handuk untuk menutupinya.

Itulah cara menemukan kamera tersembunyi di hotel. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak