facebook

4 Kebiasaan yang Dapat Membuat Semakin Pintar, Sudah Mencobanya?

Budi Prathama
4 Kebiasaan yang Dapat Membuat Semakin Pintar, Sudah Mencobanya?
Ilustrasi orang membaca buku (Pixabay.com)

Menjadi pintar tentu butuh perjuangan dan usaha secara konsisten, tidak cukup hanya belajar saja secara sepintas namun butuh pembiasaan secara rutin. Dalam membiasakan hal tersebut bukanlah perkara mudah, bukan berarti tidak bisa.

Ketika mampu membangun kebiasaan dengan hal positif dan produktif tentu dapat memberi banyak manfaat, termasuk dapat membuat semakin pintar. Sejatinya orang yang pintar pasti segala aktivitasnya dapat bernilai positif dan memberikan manfaat yang lebih luas.

Untuk itu penting membangun kebiasaan baik agar kita dapat merasakan aura pintar semakin bertambah. Mengutip dari Instagram @msyamsulramadan, disebutkan ada 4 kebiasaan yang dapat membuat semakin pintar. Apa saja? Yuk, simak satu per satu.

1. Banyak membaca buku

Tentu tidak ada yang bisa menolak kalau orang yang sering membaca buku akan dapat membuat semakin pintar. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia.

Para orang-orang sukses di dunia ini tentu mereka pernah melalui yang namanya membaca buku, bahkan membaca buku sudah dijadikan sebagai kebutuhan dalam hidup.

Terkait dengan minat baca buku tentu berbeda-beda setiap orang, namun perlu bagi kita untuk mencari motivasi agar dapat cinta sama buku dan tertarik untuk membaca.

Misalnya kita membaca buku yang memang kita cintai dan jiwai, saya rasa dengan begitu akan menjadi kebiasaan bahwa membaca buku adalah aktivitas yang menyenangkan.

2. Menuliskan ide-ide yang muncul setiap hari

Ide bisa datang kapan dan di mana saja, untuk itu penting menuliskan ide tersebut agar tidak hilang dan bisa teringat untuk diaktualisasikan. Dalam sehari kadang ada banyak ide-ide positif yang muncul, namun biasanya kurang aksi.

Untuk itulah ketika ide baiknya dituliskan agar bisa menjadi pengingat bahwa itu dapat memberikan nilai kebermanfaatan untuk diri sendiri maupun orang lain.

Begitu pun dengan menulis, ide-ide suatu masalah yang akan ditulis ada baiknya dicatat terlebih dahulu kalau belum punya waktu untuk menuliskannya.

3. Membuat list apa saja yang sudah dikerjakan per hari atau per minggu

Progres capaian yang sudah dilakukan ada baiknya untuk dicatat, baik itu kerjaan yang besar maupun kecil. Hal itu bertujuan supaya kita bisa mengukur sudah sejauh mana usaha yang kita lakukan, apa yang sudah dicapai, dan apa yang harus diselesaikan.

Dengan begitu, kita bisa memfokuskan suatu pekerjaan yang mendesak dan banyak manfaatnya untuk kita. List tersebut dapat kita tulis per hari atau per minggu.

4. Banyak menonton video edukasi

Edukasi dan motivasi sangatlah dibutuhkan dalam hidup. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan edukasi, salah satunya dengan menonton video.

Dengan menonton video edukasi, kita bisa lebih semangat untuk berjuang dan dapat mencapai target tujuan dengan baik, bukan berarti hanya menonton video bisa mendapatkan edukasi ya. Tetapi, itu salah satu caranya dan memang baik untuk diterapkan.

Itulah 4 kebiasaan yang dapat dilakukan agar bisa semakin pintar, ketika kita bisa melakukannya dalam aktivitas sehari-hari, saya rasa akan mendapatkan proses pengembangan diri dengan baik dan dapat membuat semakin pintar. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak