facebook

3 Tips agar Tidak Mudah Tersinggung, Jangan Mudah Terpancing

Rizky Melinda Sari
3 Tips agar Tidak Mudah Tersinggung, Jangan Mudah Terpancing
Ilustrasi tersinggung (Pexels.com/Liza Summer)

Kamu sering dibilang sebagai orang yang baperan? Atau kamu memang merasa mudah sekali tersinggung? Tenang, sebenarnya hal ini wajar, karena kitasmeua punya perasaan dan berhak untuk memberikan respon dan menunjukkan perasaan yang kita rasakan.

Namun, kita juga harus punya kontrol diri. Tidak semua orang paham dengan perasaan kita. Kita memang tidak bisa mengontrol pendapat orang lain, tapi kita bisa mencoba mengotrol perasaan kita sendiri.

Perasaan tersinggung dapat muncul karena kita merasa apa yang orang lain ucapkan tidak sesuai dengan kenyataan versi kita. Berikut ini adalah beberapa cara atau tips yang bisa kamu terapkan supaya kamu tidak mudah merasa tersinggung.

1. Memahami karakter orang lain

Terkadang, memang ada orang yang memiliki karakter suka bicara lugas, langsung, dan tekesan menyindir. Padahal, dia tidak bermaksud demikian. Kita harus pandai memahami karakter orang lain agar tidak mudah tersinggung.

Tidak semua orang bisa menyaring ucapan mereka. Karakter orang lain yang seperti inilah yang harus kita kenali dan jangan mudah terpancing. Bisa jadi tidak bermaksud menyinggung kita, tetapi memang gaya bahasanya saja yang membuat salah paham.

2. Berpikir positif

Terlalu memikirkan perkataan orang lain hanya akan membuat kita menjadi orang yang mudah tersinggung. Lebih baik kita berpikir positif, bisa jadi orang tersebut hanya berniat bercanda saja.

Berpikir positif juga dapat membantu kita untuk terhindar dari overthinking. Menjadi orang yang mudah tersinggung hanya akan membuat kita merasa tertekan dan overthinking.

3. Bersikap cuek

Jika kamu ingin belajar bersikap cuek terhadap omongan orang lain yang tidak penting, kamu bisa membaca buku best seller karya Mark Manson yang berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. 

Jika kita bisa cuek terhadap omongan orang lain yang tidak penting, kita bisa mencurahkan energi dan fokus kita pada hal yang lebih penting. Dengan demikian, kita tidak akan mudah merasa tersinggung.

Itulah tiga tips atau cara yang bisa kamu terapkan agar tidak mudah tersinggung. Perasaan memang sesuatu yang sensitif, tetapi selama kita bertekad untuk mengontrolnya, kita pasti bisa fokus pada hal yang benar-benar penting saja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak