facebook

6 Jenis Perilaku Toxic Kepada Orang Lain yang Sebaiknya Kamu Hindari

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Jenis Perilaku Toxic Kepada Orang Lain yang Sebaiknya Kamu Hindari
Ilustrasi perilaku toxic. (Pixabay)

Dalam pergaulan sehari-hari banyak dari kita yang sering menunjukkan berbagai perilaku yang bersifat toxic atau buruk kepada orang lain, seperti teman, sahabat, bahkan kerabat dekat.

Namun anehnya, banyak pula orang yang menganggap perlakuan tersebut sebagai hal yang wajar dan tidak perlu dijadikan sebagai suatu masalah.

Padahal faktanya perilaku toxic seperti ini bisa sangat menyinggung perasaan orang lain dan bahkan dapat membuatmu menjadi tidak disukai hingga dimusuhi.

Lantas, apa saja perilaku toxic yang sering dijadikan sebagai hal yang normal tersebut? Berikut ulasannya.

1. Body Shaming

Body shaming menjadi deretan teratas dalam banyaknya perilaku toxic yang dilkukan oleh banyak orang. Mulai dari mengomentari berat badan, tinggi badan, warna kulit, hingga bentuk wajah pun menjadi ciri khas dari perilaku toxic ini.

Padahal body shaming tidak hanya akan menyinggung perasaan orang lain, akan tetapi dapat menganggu kesehatan mental seseorang. 

2. Merasa Diri Selalu Benar

Perilaku ini sering ditunjukkan pada lingkup pertemanan. Orang dengan perilaku toxic ini biasanya ingin menjalin pertemanan hanya untuk menjadi pribadi yang paling menonjol diantara yang lain.

Selain itu ketika mereka terbukti melakukan sebuah kesalahan, biasanya akan mulai berpura-pura sebagai korban alias playing victim.

3. Meremehkan Masalah Orang Lain

Perilaku toxic yang satu ini ditunjukkan dengan cara membanding - bandingkan masalah nya dengan masalah orang lain secara negatif, misalnya "masalahmu itu ga seberapa dengan masalahku" atau "alah cuma segitu aja masalahmu, ga penting". Dia akan terus mencoba menjatuhkanmu bahkan dihadapan orang lain.

4. Selalu Menanyakan Hal yang Bersifat Privasi

Pertanyaan yang sering diajukan pada perilaku toxic ini adalah "kapan nikah?", "sudah punya anak berapa?", "berapa gajimu?", "sudah punya rumah, mobil, motor?", atau bahkan "sudah punya jabatan apa?". Padahal berbagai pertanyaan ini sifatnya privasi dan sensitif.

Tak jarang mereka juga menanyakan hal ini sebagai basa - basi di hadapan orang lain yang akan membuatmu tersinggung.

5. Bercanda Tanpa Batas

Sering kali seseorang membuat candaan yang sifatnya memaksa hingga menjadikan orang lain sebagai objek candaannya. Hal itu sangat menganggu, bahkan bisa sampai membuat emosi ketika dia mengatakan "santai, canda doang gausah baper".

Itulah 5 perilaku toxic kepada orang lain yang sering dianggap hal normal, namun kenyataannya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Ada baiknya untuk selalu menjukkan sifat yang positif dalam pergaulan agar kita tidak kehilangan teman karena perilaku toxic kita sendiri. Semoga bermanfaat bagi pembaca. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak