facebook

5 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan Umat Islam di Hari Jumat

Budi Prathama
5 Amalan Sunah yang Dapat Dilakukan Umat Islam di Hari Jumat
Ilustrasi orang yang sedang berdoa di Masjid. (Pixabay.com)

Sejatinya setiap hari waktu yang dipunya dapat dimanfaatkan dengan baik, berupaya melakukan perbuatan baik yang dapat mendatangkan amal kebaikan dan pahala. Namun dalam waktu seminggu, hari Jumat dapat menjadi hari istimewa bagi umat Islam. Mengingat di hari tersebut banyak amalan yang dapat dilakukan dan menjadi istimewa untuk bisa menambah pahala sebagai seorang muslim. 

Keistimewaan hari Jumat telah disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Hurairah. Rasulullah bersabda:  ”Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam. Dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (H.R. Muslim). 

Dengan begitu, sebagai seorang muslim ada baiknya memanfaatkan hari istimewa tersebut untuk perbuatan yang baik agar dapat menambah nilai pahala dan selalu berada dalam ridha-Nya. Di antara amalan sunah yang dapat dilakukan umat Islam pada hari Jumat untuk menambah pahala, yaitu: 

1. Membaca Alquran surat Al-Kahfi

Memang pada hari Jumat, umat Islam disunnahkan untuk membaca surat Al-Kahfi. Bahkan Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang menghafal surat Al-Kahfi akan dilindungi dari fitnah dajjal.  Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda: 

“Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan dilindungi dari Dajjal (fitnah).” (H.R. Muslim). 

Sementara dalam hadits lain, umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, seperti sabda Rasulullah: 

“Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.” (H.R. An-Nasa’i dan Baihaqi). 

2. Memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW

Amalan selanjutnya yang juga bisa dilakukan pada hari Jumat adalah memperbanyak shalawat kepada baginda Muhammad Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat satu kali maka Allah akan bersyholawat kepadanya 10 kali.” (H.R. Baihaqi). 

Shalawat juga salah satu penolong terbaik bagi umat Islam di dunia maupun di akhirat berdasarkan dari beberapa riwayat. Hal itu sesuai yang disebutkan dalam buku, “Mukjizat Shalawat” karya Habib Abdullah Assegaf, Lc.,M.A dan Hj. Indriya R. Dani, S.E. 

3. Mandi dan menggunakan pakaian yang bagus 

Mandi pagi di hari Jumat adalah amalan yang yang dapat bernilai pahala. Mandi juga dianjurkan kepada kaum laki-laki bagi yang hendak melaksanakan salat Jumat. 

Rasulullah SAW bersabda, diriwayatkan dalam sebuah hadits yang berasal dari Ibnu Umar. “Barangsiapa yang mendatangi salat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.” (H.R. Ibnu Hibban). 

Selain mandi, juga dianjurkan untuk berhias dan mengenakan pakaian yang bagus serta menggunakan wewangian. Memakai pakaian yang bagus di sini bukan berarti harus baju baru, tetapi baju yang bersih. Apalagi kalau hendak ingin mendatangi Masjid untuk salat. 

4. Menyegerakan berangkat salat Jumat

Ibadah salat Jumat wajib hukumnya bagi lak-laki seorang muslim. Ada beberapa keutamaan salat Jumat, salah satunya ketika orang bisa mendapatkan shaf paling depan di Masjid. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW, disebutkan bahwa orang yang berangkat lebih awal ke Masjid seperti berkurban dengan unta. 

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berangkat Jumat di awal waktu, maka ia seperti berkurban dengan unta. Siapa yang berangkat Jumat di waktu kedua, maka ia seperti berqurban dengan sapi. Siapa yang berangkat Jumat di waktu ketiga, maka ia seperti berqurban dengan kambing gibas yang bertanduk. Siapa yang berangkat Jumat di waktu keempat, maka ia seperti berqurban dengan ayam. Siapa yang berangkat Jumat di waktu kelima, maka ia seperti berqurban dengan telur.” (H.R. Bukhari dan Muslim). 

5. Sedekah di hari Jumat

Bersedekah sejatinya memang dianjurkan untuk dilakukan setiap harinya, karena sedekah termasuk amalan yang selalu dibutuhkan oleh orang lain setiap saat. Dalam buku Panduan Amalan Hari Jumat karya Mahmudin, Ibnul Qoyyim berkata, “sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan.” 

Itulah beberapa sunnah dan amalan yang sangat recomended dilakukan seorang muslim di hari Jumat. Semoga sebagai seorang muslim beriman, dapat selalu mengamalkan sunnah ini dengan baik dan penuh keihklasan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak