facebook

Takut Buku Rusak? Lakukan 7 Cara Merawat Buku Ini

Dewi Maharani Bahtiar
Takut Buku Rusak? Lakukan 7 Cara Merawat Buku Ini
ilustrasi rak buku (pexels.com/Element5 Digital)

Bagi pecinta buku, memastikan bukunya baik-baik saja merupakan kewajiban. Karena ketika kertas dalam buku favoritmu menguning, kamu jadi malas membacanya. Agar hal itu tidak terjadi, kamu perlu merawatnya. Untungnya, merawat buku tidak terlalu sulit. 

Lakukan 7 cara merawat buku agar tidak menguning dan cepat rusak.

1. Jangan membaca buku sambil makan 

Sebaiknya, hindari membaca buku sambil makan atau minum. Karena noda makanan dari tanganmu bisa menempel di buku. Lama-kelamaan noda tersebut akan membuat buku menjadi cepat rusak.

2. Gunakan pembatas buku

Ketika menandai buku yang sedang kamu baca, jangan dilipat, tetapi gunakanlah pembatas buku. Jika kamu suka meminjamkan buku pada teman, beri peringatan agar temanmu juga tidak melipat bukumu. Tidak enak kan jika dalam bukumu terdapat banyak bekas lipatan?

3. Berikan sampul

Menyampul buku dengan plastik yang cukup tebal dan menyampulnya dengan tidak terlalu ketat akan membuat bukumu menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Jadi pastikan kamu menyampul buku terlebih dahulu sebelum disimpan di rak, ya.

4. Letakkan di tempat terbuka

Letakkan rak bukumu di tempat terbuka agar tidak mudah lembap karena kandungan oksigen yang cukup. Dengan begitu jamur tidak akan mudah menempel pada bukumu.

5. Posisikan buku secara vertikal

Tidak baik menumpuk bukumu karena itu akan membuat halamannya saling menempel. Hal ini berpotensi membuat tinta dalam buku terkelupas, ditambah hal ini akan membuat buku kekurangan oksigen dan menyebabkan lembap. 

6. Gunakan silica gel

Silica gel bisa kamu gunakan untuk mencegah bukumu terkena rayap. Selain itu silica gel dapat menyerap kelembapan. Jadi, bukumu tidak akan mudah rusak akibat jamur.

7. Bersihkan buku secara berkala

Sering-seringlah membersihkan bukumu dari debu. Jika bisa, buatlah jadwal agar kamu selalu membersihkannya. Hal ini membuat bukumu menjadi tetap awet dan mencegahnya rusak.

Kamu tinggal menerapkan 7 cara di atas agar bukumu tetap bagus dan mencegahnya dari kerusakan. Cukup mudah untuk dilakukan juga, kan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak