facebook

Hilangkan Rasa Malas, 9 Cara Ini Akan Membuat Kamu Semangat Belajar!

Dewi Maharani Bahtiar
Hilangkan Rasa Malas, 9 Cara Ini Akan Membuat Kamu Semangat Belajar!
ilustrasi belajar bersama teman (pexels.com/Monstera)

Hidup ini tidak jauh-jauh dari yang namanya belajar. Apalagi belajar itu bisa di mana saja dan kapan saja, bukannya dari pengalaman juga kita dapat belajar? Akan tetapi, mengarah pada hal yang spesifik, belajar yang dimaksud di sini adalah ketika kamu membuka buku pelajaran.

Dikutip dari KBBI, belajar adalah berusaha memperoleh atau mendapatkan kepandaian atau ilmu. Karena kadang-kadang kita malas belajar, kita perlu membangkitkan semangat

Berikut 9 cara menghilangkan malas dan meningkatkan semangat belajar.

1. Pastikan kamu menerapkan growth mindset

Sangat penting untuk menerapkan growth mindset ketika hendak belajar sesuatu. Karena dengan berpikir bertumbuh ini kamu tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi materi yang sulit dicerna. 

Pastinya kamu jadi bersemangat belajar karena menganggap suatu hal yang sulit sebagai tantangan. Belajar jadi suatu hal yang menyenangkan dan kamu tidak akan menganggapnya sulit jika menerapkan growth mindset.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Sebelum belajar, agar kamu semangat, kamu perlu menciptakan suasana yang nyaman. Misalnya, dengan menata meja belajar agar enak dilihat. Pastikan letakkan apa yang akan kamu perlukan di dekatmu agar tidak merusak suasana yang sudah kamu bangun.

3. Hilangkan gangguan

Jika ponsel kamu berbunyi, meski itu pesan tidak penting, kamu akan tergerak membuka ponsel. Maka jauhkan sejauh-jauhnya ponselmu, jika bisa ubah ke mode jangan ganggu atau matikan ponsel. Dengan begitu, semangat belajar kamu tidak akan terganggu. Karena setiap orang beda-beda gangguan belajarnya, maka kamu tinggal menghilangkan hal-hal yang menurut kamu mengganggu.

4. Punya motivasi yang kuat

Kamu belajar itu untuk apa? Coba pikirkan dan ketika kamu merasa malas belajar, ingat itu baik-baik. Jika bisa, tulislah motivasi kamu untuk belajar dan letakkan di tempat yang mudah kamu lihat.

5. Tentukan target belajar

Adanya target belajar membuat kamu mengetahui sejauh mana kamu berkembang. Maka dari itu, agar belajarmu terarah dan kamu bisa mengevaluasinya, sebelum belajar pastikan kamu punya target.

6. Cari gaya belajar yang cocok denganmu

Sebenarnya, kamu perlu belajar dengan cara yang membuat kamu ingat materi pelajaran dengan baik dan tahan lama. Jadi, kamu bisa mencoba berbagai gaya belajar sampai kamu benar-benar menemukan gaya belajar yang cocok.

7. Istirahat yang cukup

Istirahat sama pentingnya dengan belajar. Artinya, kamu tidak perlu terus-menerus belajar sampai melupakan istirahat. Tidak masalah kok, banyak istirahat dan sedikit belajar asal kamu belajar dengan benar. Lagipula, belajar saat mengantuk hanya membuatmu malas dan tidak bersemangat.

8. Cobalah untuk rajin olahraga

Setelah berolahraga kamu akan merasa good mood. Karena untuk belajar dengan semangat perlu suasana hati yang bagus, jangan lupa untuk rajin berolahraga. 

9. Belajar bersama teman

Belajar bersama teman juga akan membuat kamu semangat dan tidak mudah mengantuk. Pastikan, ketika hendak belajar bersama teman, kamu benar-benar belajar bukan sambil menggosip. 

Dengan adanya teman belajar, kamu juga bisa lebih mengingat materi karena kamu bisa menjelaskan apa yang kamu tahu kepada temanmu. Begitupun sebaliknya, kamu akan merasa lebih mengerti ketika teman kamu menjelaskan dengan bahasanya sendiri.

Jadi, ketika kamu merasa malas belajar, kamu bisa mencoba melakukan 9 cara di atas akan kembali bersemangat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak