facebook

4 Hal yang Wajib Dijaga saat Marah, Jaga Tanganmu!

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Wajib Dijaga saat Marah, Jaga Tanganmu!
ilustrasi orang marah. (freepik.com/drobotdean)

Setiap manusia tentu bisa marah dan sebuah hal wajar ketika seorang manusia merasa marah. Kemarahan termasuk salah satu hal yang sulit untuk dikendalikan, tapi bisa untuk dikendalikan. Banyak hal buruk yang bisa terjadi ketika kemarahan itu tidak ditangani dengan baik.

Maka dari itu, kamu harus menjaga beberapa hal di bawah ini ketika sedang marah.

1. Jaga pikiran 

Marah adalah hal yang boleh-boleh saja, namun pikiran harus tetap terjaga. Kamu harus menghentikan berbagai pikiran dan prasangka buruk. Karena pikiran dan prasangka buruk akan memperburuk suasana hatimu. 

Ketika kamu memikirkan beberapa hal yang buruk, maka cobalah untuk mencaritahu tentang semua itu. Jangan sampai pikiranmu berkeliaran tanpa adanya kejelasan. Berhentilah di satu hal, lalu selesaikan. Hal itu akan jauh lebih baik ketimbang kamu menumpuk pikiran burukmu dan membiarkannya dengan waktu yang lama di tempat yang sama. 

2. Jaga ucapan 

Sangat mudah untuk berkata kasar ketika sedang marah. Tapi kamu harus mampu mengendalikan lisanmu. Kalau kamu belum mampu untuk mengatakan hal yang baik, maka diam saja atau lebih baik lagi untuk menenangkan diri. Entah itu dengan mencari udara segar, melakukan hobi, atau apapun yang membuat suasana hatimu menjadi lebih tenang dan baik. 

Ketika kamu tidak bisa mengendalikan lisan, maka akan sangat mudah untuk berkata keras dan kasar. Hal itu akan melukai perasaan dan membuat hubunganmu dengan pasangan menjadi berantakan. Apalagi kalau kamu sampai mengatakan kalimat perpisahan. Hal itu adalah dampak paling buruk dari ketidak mampuanmu menjaga ucapan. 

3. Jaga badan 

Jangan sampai ketika kamu tersulut emosi, maka badanmu turut bekerja sana dan sini. Memberi pukulan atau siksaan kepada pasangan tanpa adanya kesadaran diri. Hal yang satu ini harus kamu kendalikan dengan baik. 

Apapun bentuknya kekerasan kepada pasangan bisa menjeratmu dalam urusan hukum. Kalaupun tidak, kekerasan itu bisa meninggalkan trauma atau luka batin yang sulit sekali untuk disembuhkan. Kamu harus sadar dan berpikir panjang. 

4. Jaga hati 

Banyak orang yang ketika sedang marah kepada pasangannya, maka dengan mudahnya bisa berpaling ke hati yang lain. Emosi bisa menjadi bisikan yang membuatmu merasa lebih tertarik dan lebih bahagia dengan orang lain. 

Namun, jika hal ini dilakukan, bukankah kamu hanya akan menambah banyak masalah baru dan membuat segalanya lebih rumit lagi? Setidaknya selesaikan dulu masalah atau konflik yang kamu miliki, satu per satu. Jangan langsung menambah dengan banyak masalah baru. 

Itu dia 4 hal yang perlu dijaga saat sedang marah. Catat dengan segera, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak