facebook

3 Tanda Hubungan Sepihak, Kamu pernah Mengalaminya?

Rizky Melinda Sari
3 Tanda Hubungan Sepihak, Kamu pernah Mengalaminya?
Ilustrasi cinta yang saling melengkapi (pixabay/PIRO4D)

Sebuah hubungan yang baik adalah hubungan yang seimbang. Artinya, kedua pihak yang terlibat dalam hubungan tersebut sadar akan kehadiran satu sama lain, lantas saling mengerti dan saling memahami untuk menjaga hubungan tersebut tetap harmonis dan baik-baik saja.

Bagaimana jadinya jika hanya salah satu pihak saja yang berusaha menjaga sebuah hubungan? Maka bisa disimpulkan bahwa hubungan tersebut hanya satu arah atau dengan kata lain hubungan yang sepihak. Kita tentunya tidak menginginkan jenis hubungan yang seperti ini.

Berikut ini adalah 3 tanda yang bisa kamu kenali ketika kamu sedang menjalani hubungan yang sepihak.

1. Selalu kamu yang memulai komunikasi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa komunikasi adalah pondasi dasar untuk menjaga keutuhan sebuah hubungan. Memang bukan berarti minim komunikasi lantas sebuah hubungan menjadi tidak baik-baik saja. Ada banyak pasangan yang tidak memerlukan laporan 7x24 jam dari pasangannya tetapi tetap baik-baik saja.

Namun, jika kamu merasa hanya kamu yang berusaha menghubungi dan memulai komunikasi dengan pasanganmu, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang berada di hubungan yang sepihak. Apalagi jika di awal, kamu merasa bahwa pasangan kamu bukanlah sosok yang cuek dan dingin seperti sekarang.

2. Kamu terlalu sering meminta maaf

Setiap perbuatan salah memang harus selalu diperbaiki. Kamu dan pasanganmu juga pasti pernah melakukan sebuah kesalahan, lantas kalian saling meminta maaf. Memang sudah seharusnya seperti itu.

Namun, jika kamu merasa hanya kamu yang terus-menerus meminta maaf sekalipun kesalahan yang terjadi juga disebabkan olehnya, kamu harus sadar jangan-jangan kamu sedang berada di sebuah hubungan yang sepihak.

3. Perlakuanmu padanya sering tidak berbalas

Cinta memang tidak menuntut. Jika kita memang sayang, kita pasti rela membahagiakan pasangan kita. Namun, sekali lagi hubungan yang sehat adalah hubungan yang saling memberi dan menerima, bukannya hanya salah satu saja yang memberi sedangkan pihak lainnya tidak pernah memberi balik.

Orang yang paling cuek sekalipun pasti akan membalas perasaan cinta dan sayang dari orang yang menyayanginya. Jangan sampai kamu terjebak dalam sebuah hubungan yang tidak sehat.

Itulah tiga tanda yang menunjukkan bahwa kamu mungkin sedang berada pada hubungan yang sepihak. Carilah cinta yang mampu membuatmu merasa utuh dan dihargai, bukannya yang hanya bisa memanfaatkanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak