facebook

4 Nilai Pria yang Harus Diapresiasi

Mutami Matul Istiqomah
4 Nilai Pria yang Harus Diapresiasi
ilustrasi pasangan kekasih.[freepik.com/lookstudio]

Sikap seseorang itu terbentuk sejak dia masih kecil. Bagaimana dia dibesarkan, bagaimana lingkungan yang dipilih untuk menemaninya tumbuh, bagaimana dia memilih tempat untuk berbaur, dari sekian lika-liku kehidupan yang dialami, sampai akhirnya si dia bertemu denganmu. Sikap yang dimiliki olehnya merupakan hasil dari rangkaian proses kehidupan yang sudah dilewati. Tidak bisa dibuat-buat.

Maka dari itu, ketika kamu memiliki seorang pasangan/suami yang memiliki sikap baik, kamu harus memberinya apresiasi. Karena tidak semua orang memiliki sikap seperti yang dimilikinya. Lantas, apa saja 4 nilai pria yang harus diapresiasi?

1. Kesetiaan

Kini, sulit sekali menemukan pria yang benar-benar setia. Setia di dunia nyata, tapi menjadi bajingan di sosial media, banyak. Kebanyakan yang lain, adalah mereka yang menganggap tubuh perempuan sekadar menjadi permainan. Ya, bisa bergonta-ganti ketika mereka merasa bosan. 

Tapi kesetiaan itu bisa dilihat seiring berjalannya waktu. Banyak orang bisa menyembunyikan perselingkuhan bertahun-tahun, tapi kebanyakan yang lain sudah keburu ketahuan di tengah jalan. Insting istri memang tidak ada duanya. 

Maka dari itu, ketika kamu memiliki seorang suami yang setia, maka kamu telah menemukan harta yang berharga. Kamu harus memberinya apresiasi dan sebisa mungkin berusaha untuk menjadi pasangan yang sama baiknya. 

2. Bertanggung jawab

Suami yang bertanggung jawab adalah dia yang menjadi garda terdepan ketika keluarganya butuh perlindungan. Dia akan menanggung apapun resiko demi keluarganya aman dan nyaman. 

Suami yang bertanggung jawab adalah dia yang memenuhi kebutuhan rumah tangga, lahir dan batin. Kebutuhan lahir adalah kunci agar rumah tangga tersebut bisa berjalan dan bertahan hidup. Sementara kebutuhan batin adalah kunci keharmonisan rumah tangga itu sendiri. 

3. Jiwa berkorban

Ketika seorang pria sudah menemukan cinta sejatinya, maka dia akan berusaha sekuat tenaga untuk membuatnya merasa bahagia, terlindungi, dan terjaga harkat dan martabat keluarganya. Seorang pria rela melakukan apa saja demi menjamin keluarganya mendapatkan segala sesuatu yang dia harapkan. 

Ketika suamimu termasuk orang yang rela mengorbankan segala sesuatu demi keluarganya, demi kamu dan anak-anak, itu artinya dirimu memang sangat berharga untuknya. 

4. Kasih sayang 

Kasih sayang dari seorang suami sangat mudah untuk dirasakan. Sekeras apapun sikap dari pasanganmu, kalau dia benar-benar mencintai dengan setulus hati, maka kamu akan tetap bisa merasakan kasih sayangnya. 

Banyak orang bisa mencintai namun tetap menggunakan ego diri sendiri sebagai tameng perlindungan. Dia akan selalu melakukan segalanya yang menurut dia baik, namun belum tentu baik bagimu dan orang lain. Suami yang selalu memberikan pertimbangan kebaikan kepada dirimu dan memikirkan banyak orang dalam setiap keputusan yang diambil olehnya, itu tandanya dia memiliki kasih sayang yang besar.

Itu dia 4 nilai dari seorang pria yang harus kamu apresiasi. Sejatinya dalam hubungan yang baik adalah saling mengapresiasi satu sama lain dan memberikan toleransi kepada kekurangan satu sama lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak