facebook

4 Hal dalam Dirimu yang Dapat Kamu Kontrol sebelum Bertindak, Apa Saja?

Vivia Lintang
4 Hal dalam Dirimu yang Dapat Kamu Kontrol sebelum Bertindak, Apa Saja?
Ilustrasi bersosialisasi. (Pexels.com/fauxels)

Sebagai pemilik, kita tentu memiliki seluruh alih apapun yang ada dalam tubuh kita. Kita memiliki hak penuh untuk mengatur emosi dan membawa raga kita bertindak seperti apa. 

Meski demikian, apakah kamu menyadari saat ada kalanya emosi dan otak kita tak berjalan beriringan? Atau saat cara tubuh menanggapi justru berlawanan dengan kata hati? Biasanya hal ini akan menghasilkan hal yang mungkin saja akan disesali setelah kita memikirkannya berulang kali setelah kejadian terjadi.

Untuk itu, di bawah ini ada 4 hal yang perlu kamu ketahui bahwa ada hal dalam dirimu yang dapat kamu kendalikan sebelum memulai suatu tindakan.

1. Perkataanmu ketika Memberi Pendapat

Pasti ada temanmu yang pernah meminta pendapatmu tentang barang miliknya, atau hasil gambaran yang telah ia kerjakan selama seharian penuh. Kamu bisa saja hanya menimpali bahwa barang yang ia pilih sangat cocok dan hasil pekerjaannya tampak bagus.

Tetapi, saat kamu berada di ruang diskusi hal ini tidak berlaku lagi. Dalam sesi diskusi keterlibatan kamu sebagai member diperlukan untuk sebuah hasil yang sepakat dengan cara bertukar opini. 

Saat kamu melontarkan pendapat ada etika yang harus kamu penuhi, tidak hanya dalam sebagai sebuah bentuk rasa hormat hal ini juga berlaku untuk mengontrol diri agar tidak memberi opini dengan cara yang cenderung kasar.

Hal ini tentu saja tidak hanya berlaku pada acara formal, terlepas dari lingkup pertemanan dekat sekalipun, kamu perlu untuk menjaga perkataanmu ketika berpendapat dengan memikirkan pertimbangan agar tidak ada pihak yang tersinggung dan merasa dirugikan.

2. Kejujuranmu dalam Berkata

Jujur memang sangat diperlukan, namun kamu juga harus mengerti untuk menjaga kata-kata tepat saat mengungkapkan kejujuran. Jika memang kejujuran yang kamu katakan adalah hal pahit, agaknya kamu perlu sedikit memperlembut balutan katanya agar itu tidak terasa terlalu sakit bagi orang yang akan menerima perkataanmu.

3. Gesture Tubuhmu ketika Menanggapi Sesuatu

Kamu pasti pernah merasa tidak nyaman saat berada dalam suatu kondisi, seperti saat berada dalam lingkup pembahasan yang tidak kamu setujui.

Jika memang kamu pernah merasa ada pada kondisi ini, ada baiknya kamu menunjukkannya secara perlahan saat keadaan memungkinkan sehingga reaksi penolakan dari tubuhmu tidak terlalu kentara dan membuatnya tersinggung.

4. Menjaga Tangan dan Pikiran saat Bersosial Media

Sosial media telah menjadi separuh hidup manusia di era ini. Mustahil jika kita tidak melakukan kontak dengan berbagai macam sifat manusia yang berbeda-beda. Saat bersosial media, kamu perlu untuk memilah hal-hal yang dikonsumsi.

Selain hal yang dikonsumsi kamu juga perlu untuk mengontrol tanganmu yang akan berkomentar dan pikiran yang digunakan untuk memproses apa yang kita dapat.

Agar tidak ada hal yang disesali di kemudian hari, kamu harus bisa mengendalikan tanganmu dan pikiranmu agar tidak mudah terhasut dengan berita-berita yang masih dipertanyakan kevalidannya.

Di atas adalah hal-hal dalam dirimu yang dapat kamu kontrol sebelum bertindak. Pikirkan kembali segala hal secara matang sebelum membuat keputusan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak