facebook

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Melayani Pembeli secara Online

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Melayani Pembeli secara Online
ilustrasi penjual online.[freepik.com/jcomp]

Berjualan online tidak mengurangi interaksi yang kamu lakukan dengan para pembeli atau customer. Hanya saja, cara melakukannya yang berbeda. Ketika berjualan secara langsung, tentunya kamu akan bertemu dengan berbagai macam karakter pembeli. Lalu, memberikan pelayanan secara langsung. 

Kalau berjualan online, maka kamu harus melayani pembeli secara online atau menggunakan media. Meskipun demikian, kamu tidak boleh menyepelekannya. Kamu tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik dan membuat pembeli merasa nyaman dan senang dengan toko yang kamu dirikan.

Nah, di bawah ini merupakan 4 hal yang harus kamu perhatikan dalam melayani pembeli secara online. 

1. Gunakan bahasa yang sopan 

Meskipun melalui media yang tidak bisa bersuara, namun kamu harus menggunakan bahasa yang sopan sehingga pembeli merasa bahwa kehadirannya diterima dengan baik. 

Walaupun tentu saja seringkali ada beberapa pembeli yang memiliki karakter menyebalkan, misalnya banyak bertanya dan terus menawar, namun kamu tetap harus menghadapinya dengan sabar. Tidak boleh judes apa lagi berkata kasar. 

2.  Jelaskan secara rinci 

Seringkali beberapa pembeli mengirim pesan kepada penjual untuk menanyakan perihal produk yang menarik perhatiannya. Jadi, kamu harus menjelaskan secara detail mengenai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. 

Meskipun seringkali kita sudah mencantumkan deskripsi dengan begitu jelas, namun masih ada saja pembeli yang malas baca dan lebih memilih untuk mengirim pesan kepada penjual. Tidak mengapa, ya. Kamu tetap berkewajiban untuk memberikan informasi yang lugas mengenai kebutuhan pembeli. 

3. Menerima saran dan kritik

Ketika pesan yang dikirimkan oleh pembeli berisi tentang kritikan produk atau toko online-mu, kamu tetap harus menerimanya dengan hati yang lapang, membalasnya dengan bahasa yang ramah di baca.

Sejatinya, kamu harus bisa bersiap untuk hal tersebut karena sudah menjadi konsekuensi bisnis yang kamu bangun. Jadikan kritik dari pembeli sebagai bahan untuk memperbaiki toko dan kemajuan bisnismu ke arah yang lebih baik.  

4. Jangan malu meminta maaf 

Ketika kamu melakukan kesalahan atau ada beberapa hal dalam tokomu yang dianggap sebagai kekurangan oleh pembeli, maka jangan pernah merasa malu untuk meminta maaf. 

Meminta maaf akan jauh lebih baik ketimbang berdebat. Apalagi kalau yang disampaikan oleh pembeli adalah hal yang benar, kamu harus meminta maaf dengan tulus. 

Itu dia 4 hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan untuk pembeli online. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak