facebook

4 Alasan Teman Bisa Bertahan dan Setia, Apakah Kamu Merasakannya?

Budi Prathama
4 Alasan Teman Bisa Bertahan dan Setia, Apakah Kamu Merasakannya?
Ilustrasi hubungan pertemanan. (Pixabay.com)

Dalam hubungan pertemanan tidak selamanya bisa berjalan secara mulus, adakalanya dibuai pertengkaran yang akhirnya hubungan pertemanan malah kandas. Sebanyak apapun teman yang kita punya, selalu saja ada teman yang tidak cocok dan malah membuat berantakan. 

Namun ada juga teman yang sering kali kita bertengkar dengannya, selalu membuat capek dan kesal, dan selalu membuat konflik, tetapi selalu saja teman tersebut tetap bertahan. Pernahkah kita merasakan itu dan menanyakannya? 

Namanya hubungan pasti selalu saja ada badai halilintar yang akan menghadang. Tetapi, kok masih ada yang bisa bertahan dan setia. Terkait dengan itu, berikut 5 alasan hubungan tetap awet walau sering bertengkar dan membuat konflik. 

1. Terlalu banyak kenangan

Bagi sebagian orang pasti merasa sangat berat meninggalkan teman yang sudah banyak kenangan suka maupun duka. Apalagi kalau teman yang dari kecil, walau sering konflik tetapi sekalinya pisah ada saja hal terasa kosong. Teman yang sudah melalui banyak kenangan suka maupun duka sejatinya juga akan menjadi teman setia.

Bukan hanya menjadi teman saat kita jaya, tetapi harus menjadi teman saat di pintu penjara. Itulah ciri teman setia seperti yang dikatakan bang Haji Rhoma Irama. 

2. Membantu melewati masa sulit

Teman setia memang tak bisa terbayarkan, kita mungkin sering melewati masa-masa sulit dan cuman ada teman yang selalu support kita untuk keluar dari masa sulit itu.

Makanya kalau ada konflik sepele atau bahkan besar, biasanya hanya mengatakan, "biarkan saja jangan terlalu dipikirin, toh dia juga selalu ada ketika saya mengalami masa sulit." Kendati demikian juga dapat membuat selalu bisa mempertahankan hubungan pertemanan. 

3. Merasa terhubung

Hubungan pertemanan bisa awet tentunya ada perasaan saling memiliki antar teman. Misalnya kita punya lima teman kemudian kita konflik dengan mereka, kalau kita merespon secara negatif dan menghindar, secara tidak sadar kita juga bisa merusak lingkungan pertemanan yang terdiri dari lima orang itu.

Dengan begitu, penting untuk selalu buat pertemanan yang selalu bisa terhubung dan berupaya keras untuk menyelesaikan konflik jika memang ada, bukan untuk menghindari masalah. 

4. Tidak ada kata berakhir

Kalau putus sama pacar itu disebut mantan pacar, tetapi kalau putus hubungan sama teman tidak ada yang namanya mantan teman.

Jiwa pertemanan akan selalu ada dalam diri kita bersama dengan kenangan dan luka yang ada. Mungkin karena alasan itulah sehingga teman tetap bisa bertahan walau sering konflik. 

Itulah 4 alasan kenapa teman tetap bisa bertahan walau sering berkonflik dengannya. Sejatinya teman yang selalu mampu bertahan suka maupun duka, ia bisa saja lebih dari saudara, dan teman seperti itu tidak akan bisa ditukar dengan apapun. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak