facebook

Jangan Dibuat Pusing! Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Putus Cinta

Mutami Matul Istiqomah
Jangan Dibuat Pusing! Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Putus Cinta
Ilustrasi cinta diri sendiri (Freepik.com/wayhomestudio)

Putus cinta adalah hal yang menyedihkan tapi cukup umum dialami oleh mereka yang memang sedang berada dalam fase memilih pasangan hidup. Mau bagaimana lagi, kalau sudah tidak cocok, kenapa harus dipaksakan?

Banyak orang merasa takut untuk putus dari kekasihnya. Padahal, siapa yang tahu bahwa dengan hubungan yang berakhir itu mungkin saja dia akan mengalami kehidupan yang jauh lebih baik dan bahagia. 

Jangan terlalu diambil pusing, berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika putus dari pasangan. 

1. Terima 

Hal pertama harus yang kamu lakukan adalah menerima bahwa putus adalah keputusan yang terbaik. Dari sekian perbaikan yang telah kamu lakukan dalam hubungan asmaramu, bukankah tidak ada yang lebih baik? Semuanya terasa terus menjadi pahit, pilu, dan membuatmu seolah tidak memiliki semangat untuk hidup. 

Cinta itu tidak menyakitkan. Ketika kamu merasa cinta namun sakit, itu bukanlah cinta. Namun sekadar perasaan takut kehilangan. Kalau kamu sudah berani secara langsung untuk terjun dan pasrah dengan kehidupanmu sendiri, kamu akan jauh lebih bahagia. 

2. Pahami 

Sekarang, kamu harus memahami bahwa diantara kamu dengannya sudah tidak ada lagi ikatan yang membuatmu merasa terkekang atau seolah sedang hidup di penjara.

Selamat datang! Kini kamu memiliki hidup yang bebas. Dan semua ada di tanganmu sendiri. Mungkin, kemarin kamu salah memilih orang yang tidak menghargai kebebasan orang lain. Maka selamat, kehidupanmu kini, ada di tanganmu sendiri. 

Kamu harus memahami bahwa kini, tidak ada lagi keharusan bagimu untuk memikirkan siapapun selain diri sendiri. Ketika si dia melakukan apapun, sudah bukan lagi menjadi urusanmu. 

3. Jalani 

Kehidupan yang ada harus dijalani oleh kamu dengan versi yang jauh lebih baik. Kamu harus mampu mengambil pelajaran dari masa lalu dan membuat kehidupanmu jauh lebih berharga. 

Nikmatilah setiap momen dengan diri sendiri, berjuang sekuat hati, dan bahagialah dengan segala sesuatu yang kamu miliki. Syukuri banyak hal dalam hidup ini, dan jadilah seseorang yang beruntung. 

Jangan terlalu buru-buru dalam menggapai sesuatu, karena yang terpenting adalah kamu menikmati setiap momen dan perjuangan yang kamu lakukan. Sehingga kerja keras tersebut akan mengenang dalam ingatan. 

4. Cintai diri sendiri

Kata siapa putus cinta membuatmu tidak bisa mencintai? Lupa dengan raga yang kamu bawa kemana-mana? Ingat, dialah yang paling kuat dan membuatmu tetap bisa melangkah. Ya, diri sendiri. 

Kamu harus menerapkan definisi cinta kepada diri sendiri. Cintailah diri sendiri. Perlakukan diri sendiri seperti kamu memperlakukan seseorang yang kamu cintai. Berikanlah segalanya kepada diri sendiri, seperti yang kamu berikan pada orang yang kamu cintai.

5. Move on 

Kalau kamu menemukan orang yang tepat, tidak ada salahnya untuk membangun hubungan baru. Kalau merasa siap, tidak mengapa untuk menerima hati yang lain. Bukankah memang sedang waktunya untuk memilih? Maka, nikmatilah momen pemilihan itu. 

Kalau sudah menikah, mau tidak mau harus bertahan dengan satu orang. Apalagi memiliki yang lain, melirik saja seharusnya tidak dilakukan. Maka dari itu, selagi tidak memiliki ikatan apapun, adalah hak bagimu untuk memilih pasangan hidup.

Itu dia 5 hal yang harus kamu lakukan setelah putus cinta. Jangan terlalu diambil pusing, ya! Putus cinta itu biasa, kok! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak