facebook

5 Cara Memotivasi Teman yang Sedang Putus Asa, Harus Didampingi

Diat Anugrah
5 Cara Memotivasi Teman yang Sedang Putus Asa, Harus Didampingi
Ilustrasi mendampingi teman (Pexels.com/shvets-production)

Kita harus tetap berjuang dan tidak boleh putus asa. Karena bagaimana pun hidup itu seperti sebuah perjalanan yang harus dilalui. Ibarat kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang dituju, dalam hidup kita harus bisa bergerak mencapai tujuan yang kita inginkan.

Namun, tidak jarang hambatan dan rintangan yang ada membuat kita menjadi gagal meraih tujuan kita. Kegagalan yang dialami seseorang bisa membuatnya menjadi putus asa, sehingga kehilangan motivasi untuk berjuang.

Ketika seseorang sudah berputus asa, maka dia tidak akan bersemangat dalam menjalani kehidupannya. Oleh karena itu, orang-orang terdekat seperti teman perlu memberi bantuan agar orang tersebut tidak lagi putus asa.

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa dilakukan untuk memotivasi teman yang sedang putus asa.

1. Mengajak Bercerita

Seseorang bisa berputus asa karena kegagalan yang dialami. Kegagalan tersebut menjadi beban dalam pikirannya. Oleh karena itu, kita bisa membantu meringankan beban tersebut dengan mengajaknya bercerita.

Dengan bercerita, kemungkinan masalah yang dipikirkan menjadi lebih ringan. Bercerita juga bisa membuat dia melepaskan beban pikiran yang sedang ia tanggung.

2. Mengajak Healing atau Refreshing

Orang yang berputus asa tentu memiliki kondisi hati atau mood yang tidak baik. Kita bisa membanru membuatnya merasa lebih baik dengan mengajaknya healing atau refreshing. Kita bisa mengajaknya melakukan perjalanan ke tempat yang bagus maupun melakukan aktifitas yang menyenangkan. 

Kita bisa mengajaknya melakukan hobi yang digemarinya. Dengan demikian, kita bisa membantunya melepas beban yang ada dan mengembalikan semangat yang sempat hilang.

3. Meyakinkan Bahwa Dia Tidak Sendirian

Saat seseorang merasa putus asa, ia membutuhkan dukungan dari orang lain, terutama orang-orang terdekat di sekelilingnya.

Oleh karena itu, sebagai teman yang baik kita harus meyakinkan bahwa dia tidak sendirian. Yakinkan bahwa kita selalu ada untuk mendukungnya dalam kondisi apa pun. Dengan demikian, ia bisa merasa terdorong untuk bangkit dari rasa putus asa.

4. Mendukung untuk Bangkit

Ketika seseorang ingin berjuang dang bangkit kembali, kita harus mendukungnya sebisa kita. Berikan semangat dan yakinkan bahwa ia bisa berhasil. Jangan membuatnya kembali terpuruk dengan mengatakan hal-hal yang tidak mengenakkan.

5. Meyakinkan Bahwa Rencana Tuhan Pasti Baik

Ketika seseorang mengalami kegagalan, ia akan memiliki banyak pikiran negatif yang membuatnya putus asa. Oleh karena itu, kita harus selalu meyakinkan padanya bahwa Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik. Dengan demikian, ia akan memandang kegagalan yang dialaminya dengan lebih baik.

Demikian 5 tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi dan memotivasi teman yang sedang putus asa. Jangan ditinggalkan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak