facebook

4 Obrolan yang Tidak Boleh Dibicarakan saat Bersama Anak

Mutami Matul Istiqomah
4 Obrolan yang Tidak Boleh Dibicarakan saat Bersama Anak
Ilustrasi keluarga (Freepik.com/prostooleh)

Membicarakan sesuatu di depan anak memang membutuhkan kehati-hatian. Pasalnya perasaan anak memang tidak bisa kita tebak. Terkadang pembicaraan yang salah akan membuat anak merasa tidak nyaman, atau bahkan menangkap sesuatu yang seharusnya tidak dia ketahui. 

Nah, jadi, beberapa hal di bawah ini merupakan obrolan yang harus kamu hindari saat sedang bersama anak. 

1. Ngomongin kesalahan anak di hari itu 

Jangan sampai kamu dan pasangan membicarakan mengenai kesalahan yang telah anak lakukan di hari itu. Pasalnya hal tersebut bisa membuat anak merasa bersalah dan tersudut. 

Jika kamu ingin membahasnya bersama pasangan, maka carilah waktu di mana tidak ada anak di tengah kalian berdua. Sehingga anak tidak akan merasa tersinggung, malu atau tersudutkan. 

2. Membahas kondisi fisik orang lain 

Membahas fisik orang lain akan membuat anak memahami bahwa penilaian utama yang ada pada seseorang adalah tergantung dari bagaimana fisiknya. Hal itu merupakan hal yang keliru. Karena nantinya anak akan lebih mudah untuk menghakimi bahkan berpotensi untuk membully fisik orang lain. 

3. Mengkritik pasangan tanpa solusi

Hindari mengkritik pasangan dengan bahasa yang keras dan kasar. Apalagi sampai merendahkan. Ketika kamu ingin memberi kritik dan saran kepada pasangan, maka tunjukkan cara penyampaian yang baik. Selain itu, buatlah kesepakatan dengan pasangan mengenai solusi dari kritik tersebut. 

Penyampaian yang baik dalam memberi kritik akan membuat anak belajar berani untuk menyampaikan pendapatnya dengan cara yang baik, pun juga belajar bahwa dalam setiap masalah ada solusi yang bisa disepakati. 

4. Berkata kasar 

Banyak orang mudah berkata kasar ketika emosinya sedang meluap. Jadi, kita harus pandai mengendalikan emosi saat sedang bersama anak. 

Anak yang bisa berkata kasar, tentu tidak lain tidak bukan adalah belajar dari orang tuanya. Jadi, kamu harus mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengelola emosi yang baik. 

Itu dia 4 obrolan yang harus dihindari saat sedang bersama anak. Kita harus menjaga anak untuk melihat, mendengar, dan merasakan hal yang baik-baik saja agar pertumbuhannya juga berjalan dengan baik. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak