facebook

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Wawancara Kerja, Jangan Lupa!

Diat Anugrah
5 Hal yang Harus Dilakukan saat Wawancara Kerja, Jangan Lupa!
Ilustrasi wawancara kerja (Pexels.com/tima-miroshnichenko)

Ketika kita ingin mendapat pekerjaan yang kita inginkan, maka kita harus melewati rangkaian proses melamar kerja. Dalam rangkaian proses tersebut, salah satu sesi yang sangat berpengaruh adalah sesi interview atau wawancara kerja.

Bagi sebagian orang, melakukan proses wawancara adalah hal yang biasa saja. Namun banyak juga orang yang merasa gugup saat wawancara kerja. Hal ini bisa muncul karena kita khawatir melakukan kesalahan yang bisa berdampak pada lamaran kerja kita.

Lakukan 5 tips berikut ini supaya proses wawancara kerja berjalan dengan lancar.

1. Gunakan Pakaian yang Sopan

Saat hendak melakukan wawancara kerja, gunakanlah pakaian yang sopan. Jangan pula gunakan pakaian yang terlalu mencolok. Pakaian yang kita gunakan akan sangat berpengaruh dalam membuat kesan pertama di hadapan pewawancara. Kesan pertama tersebut juga akan berpengaruh pada jalannya wawancara. 

Selain itu pakaian yang baik dan sopan juga akan menunjukkan keseriusan kita dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Kita akan terlihat lebih profesional dibanding jika menggunakan pakaian yang sembarangan.

2. Bawa Berkas yang Dibutuhkan

Saat hadir untuk wawancara kerja, jangan lupa membawa berkas yang dibutuhkan. Biasanya lihak perusahaan akan menyampaikan berkas-berkas yang diperlukan sebelumnya. Jika sampai tertinggal atau lupa maka akan menimbulkan kesan yang kurang baik di hadapan pewawancara. Kita akan dilihat sebagai orang yang kurang profesional.

3. Hadir Tepat Waktu

Pastikan kita hadir tetap waktu, kalau bisa sudah di tempat sebelum waktu yang ditentukan. Hal ini untuk menunjukkan profesionalisme kita. Apabila kita terlambat datang maka akan menimbulkan kesan yang tidak baik. Baru akan wawancara saja sudah terlambat bagaimana jika sudah bekerja nanti?

4. Berikan Jawaban yang Jujur

Kita tentu ingin memberikan jawaban yang terbaik saat wawancara. Namun kita harus selalu jujur dalam menjawab. Jangan berikan jawaban yang mengada-ngada atau berbohong. Hal tersebut bisa membuat kita mendapat masalah di kemudian hari. Bahkan, pewawancara juga biasanya bisa memahami mana jawaban yang jujur dan mana yang bohong.

5. Siapkan Pertanyaan untuk Interviewer

Biasanya sebelum sesi wawancara berakhir, pewawancara akan memberi kesempatan untuk balik bertanya. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk mengetahui hal-hal yang ingin kita ketahui tentang perusahaan tersebut. Memberi pertanyaan saat sesi wawancara juga akan menunjukkan keseriusan dalam melamar pekerjaan.

Demikian 5 hal yang harus dilakukan saat wawancara kerja. Semoga sukses!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak