facebook

5 Kriteria Jodoh yang Cocok Denganmu

Mutami Matul Istiqomah
5 Kriteria Jodoh yang Cocok Denganmu
ilustrasi orang berpikir. (freepik.com/wayhomestudio)

Kecocokan tidak bisa dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Hal itu ada dalam pandangan dirimu sendiri yang bersumber dari dalam hati. Meskipun orang lain bisa mengatakan "Kalian cocok banget, deh", tapi pada hakikatnya kecocokan adalah kemantapan hati diri sendiri yang tidak dipengaruhi oleh orang lain. 

Apalagi menjelang hari H pernikahan, seringkali kita merasa lebih bimbang kepada diri sendiri. Seperti berulangkali bertanya-tanya 'Apakah ini/benarkah ini?'. Padahal tentunya kamu sudah menjalin hubungan yang cukup memberi ruang untuk saling mengenal. Tapi kebimbangan itu adalah hal yang wajar untuk dirasakan. 

Untuk meyakinkanmu mengenai kecocokan dengan pasangan, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi kriterianya. 

1. Sisi fisik 

Bukan tentang kemiripan, namun tentang bagian apa yang membuat kamu suka dengannya? Misalnya, rambutnya yang panjang, tingginya, atau beberapa ciri khas yang dia miliki dan membuat kamu merasa nyaman dan suka kepadanya. 

Kalau kamu memiliki ketertarikan terhadap beberapa hal unik yang menjadi ciri khasnya, itu artinya kamu benar-benar suka dengannya. 

2. Sisi karakter 

Setiap orang memiliki karakter yang beragam. Setiap orang punya karakter yang dia suka, di mana karakter tersebut tidak harus sama dengan karakter yang diri sendiri miliki.

Apakah kamu juga memiliki karakter yang berbeda dengan pasangan? Hal itu tentu saja tidak mengapa. Bahkan karakter yang berbeda akan membentuk warna yang saling melengkapi. Nantinya ketika kalian memiliki anak, mereka menjadi perpaduan antara karakter ayah dan ibunya. 

3. Sisi intelektual 

Tidak harus memiliki sisi akademik yang sama. Tapi bisa juga kesamaan dalam gagasan, bacaan, minat, dan beberapa hal lainnya yang akan membuat kalian lebih merasa nyaman satu sama lain. 

Memiliki kesamaan dalam hal intelektual akan membuat kalian lebih mudah untuk berdiskusi dan memberikan pandangan terhadap sesuatu hal bersama-sama. Itu akan sangat menyenangkan dalam kehidupan berumah tangga. 

4. Sisi agama 

Kalau belum bisa menemukan sosok yang memiliki pengetahuan agama yang jauh lebih baik, setidaknya kamu memiliki teman yang mau diajak beribadah bersama dan memperdalam ilmu agama bersama-sama. Sehingga hal itu membuat kamu dan pasangan lebih taat dalam mengamalkannya. 

Agama menjadi pedoman yang paling penting dalam menjalani kehidupan. Akan lebih baik jika kamu dan pasangan memiliki pandangan yang sama mengenai agama yang diyakini, agar kehidupan jauh lebih tenang. 

5. Sisi jiwa 

Beberapa hal di atas mungkin merupakan hal yang bisa untuk dikira-kira, maka satu hal ini merupakan hal yang harus melibatkan perasaan. Kamu harus menanyakannya kepada hatimu sendiri dan kamu sendiri yang tahu jawabannya. Apakah dia adalah seseorang yang cocok dengan dirimu? 

Itu dia 5 indikator jodoh yang memang cocok denganmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak