facebook

5 Kebiasaan Ibu yang Menyulitkan Diri Sendiri, Sering Melakukannya?

Mutami Matul Istiqomah
5 Kebiasaan Ibu yang Menyulitkan Diri Sendiri, Sering Melakukannya?
Ilustrasi ibu merasa lelah (Freepik.com/ViDIstudio)

Sadarkah kita bahwa terkadang beberapa hal yang kita biasakan hanya mempersulit diri sendiri. Kita merasa kerepotan dan tertekan padahal hal tersebut bisa dipikirkan dan dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Apa saja itu?

1. Membandingkan diri dengan orang lain 

Salah satu hal yang kerap kali terjadi pada kita adalah membandingkan diri dengan orang lain. Merasa orang lain lebih mudah, lebih bisa, lebih andal, dan lain sebagainya. Meskipun hal tersebut sekadar dilihat melalui media sosial atau didengar dari cerita orang, tapi hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang menyulitkan. 

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan memunculkan rasa insecure. Padahal kalau mau menengok dalam diri kita sendiri, kita juga sudah hebat bisa menjalani segala sesuatu sampai saat ini. Di mata anak, kita adalah seorang ibu yang paling sempurna. 

2. Apa-apa mau dikerjakan sendiri 

Terkadang, untuk membuktikan kepada semua orang bahwa kita bisa mengendalikan banyak hal, membuat kita bersikap ingin mengerjakan segala sesuatu sendirian. Tapi, untuk apa jika hal tersebut menyiksa diri dengan pikiran dan tenaga yang seolah kurang? 

Jangan gengsi untuk meminta tolong kepada orang lain, tak mengapa, kok. Ketika kamu merasa repot, cobalah untuk meminta tolong kepada suami dan membagi tugas. Kalau memang tidak ada yang bisa bekerja sama, maka cobalah untuk mempertimbangkan asisten rumah tangga. 

3. Pemikiran untuk selalu on

Pemikiran untuk selalu on mengerjakan segala sesuatu tanpa berhenti, seringkali membuat kita merasa pusing dan lelah. Bekerja keras untuk merawat anak-anak dan mengurus rumah adalah ladang ibadah, Bu. Tapi untuk menjalankannya, kita tidak harus bekerja non stop. Kita harus bisa memberi jeda bagi tubuh untuk istirahat. Jangan menyiksa diri sendiri. 

4. Mengabaikan kesehatan

Banyak dari kita yang setelah menjadi ibu-ibu lalu seringkali menyepelekan gangguan kesehatan yang kita rasakan. Ketika ada sakit yang kita keluhkan, selalu berdalih dengan kalimat "Nggak papa, nanti juga sembuh sendiri" dan lain sebagainya, akan membuat kesehatan kita kurang terjaga dengan baik. 

Meskipun sudah menjadi ibu, tapi kita tetap harus memperhatikan kesehatan. Ketika ada hal yang kita keluhkan, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter atau meminum obat. Kita juga harus peduli dengan diri sendiri sebelum akhirnya keadaan tersebut menjadi lebih serius dan berbahaya. 

5. Lupa dengan diri sendiri 

Setelah memiliki anak, hampir seluruh ibu menjadikan anaknya sebagai prioritas. Tidak mengapa kok, Bu. Tapi kita juga tidak boleh lupa dengan diri sendiri. Mencintai diri sendiri juga sangat diperlukan.

Salah satu cara sederhananya adalah dengan menyempatkan waktu untuk me time. Meskipun sekadar minum kopi, nonton drakor, mendengarkan musik, atau hal-hal sederhana lainnya juga sudah cukup menjadi pengisi waktu untuk kita fokus dengan diri sendiri. 

Itu dia 5 kebiasaan ibu yang menyulitkan diri sendiri. merasakannya juga?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak