facebook

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Wawancara Kerja, Jangan Sembarangan!

Diat Anugrah
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Wawancara Kerja, Jangan Sembarangan!
Ilustrasi wawancara kerja (pexels.com/fauxels)

Membentuk kesan yang baik saat wawancara atau interview kerja sangat penting jika kita ingin diterima di sebuah perusahaan. Mengingat betapa pentingnya sesi wawancara kerja dalam menentukan kita diterima kerja atau tidak di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, kita harus melakukan yang terbaik agar wawancara bisa berjalan dengan sukses.

Wawancara kerja menjadi waktu bagi perusahaan untuk mencari tahu lebih banyak mengenai diri pelamar kerja. Maka jika kita melakukan kesalahan saat wawancara kerja, kita akan dianggap tidak cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tidak heran jika pada akhirnya kita gagal melewati proses rekrutmen.

Untuk itu, kita harus sebisa mungkin meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi selama wawancara, terutama yang sifatnya fatal.

Berikut ini adalah 5 hal yang tidak boleh kita lakukan saat wawancara kerja.

1. Datang Terlambat

Saat jadwal wawancara kerja, pastikan untuk datang tepat waktu. Kalau bisa, hadir sebelum waktu yang ditentukan. Hal tersebut akan membuat kota terlihat profesional dan disiplin. Jangan sampai kita datang terlambat. Hal tersebut akan menimbulkan kesan yang buruk mengenai diri kita di hadapan perusahaan. Kita akan dianggap sebagai orang yang tidak bisa diandalkan.

2. Berbohong saat Menjawab

Setiap jawaban yang kita berikan sangat berpengaruh dalam membentuk kesan. Namun bukan nerarti kita boleh mengada-ngada atau memberikan jawaban bohong. Pewawancara yang hansal bisa memahami mana jawaban yang jujur dan mana yang tidak. Jika ketahuan berbohong, bisa-bisa kita langsung ditolak di perusahaan tersebut.

3. Bersikap Tidak Sopan

Kita harus selali bersikap sopan setiap saat, apalagi ketika wawancara kerja. Mulai dari gestur atau bahasa tubuh, cara kita berbicara, hingga tutur kata yang kita sampaikan harus sopan. Jangan sampai kita bertingkah laku seenaknya sendiri kalau tidak mau langsung ditolak oleh perusahaan.

4. Membicarakan Keburukan Perusahaan Sebelumnya

Jika kita pernah bekerja di perusahaan lain sebelumnya, jangan pernah membicarakan keburukan perusahaan tersebut saat sesi wawancara. Hal tersebut tidak akan menimbulkan simpati justru menunjukkan sikap kita yang tidak profesional. Selain itu, perusahaan yang kita lamar juga khawatir keburukannya akan kita sebarkan pada orang lain.

5. Curhat Masalah Pribadi

Saat wawancara kerja, usahakan untuk selalu fokus dalam memberikan jawaban. Usahakan membahas hal-hal yang berkaitan dengan urusan pekerjaan saja. Jangan curhat masalah pribadi entah itu ekonomi, percintaan, dan lain-lain dengan pewawancara. Hal tersebut bisa membuat pewawancara menilai kita sebagai orang yang tidak profesional.

Itulah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat wawancara kerja. Semoga sukses!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak