facebook

5 Bahaya Kecanduan Gadget, Nomor 5 Kamu Banget

Anisa Rachma Agustina
5 Bahaya Kecanduan Gadget, Nomor 5 Kamu Banget
Ilustrasi bermain gadget (Pexels/MART PRODUCTION)

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik termasuk salah satunya adalah ketika kamu bermain gadget dengan berlebihan. Manusia dan gadget adalah satu kesatuan, seseorang lebih memilih ketinggalan dompet dari pada ketinggalan gadget.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang menyimpan data penting di gadgetnya. Mulai dari internet banking hingga data-data yang berkaitan dengan pekerjaan ada di gadget.

Saking seringnya bermain gadget terkadang kita hingga melupakan berbagai aktivitas penting. Beberapa kegiatan jadi terbengkelai karena terlalu menikmati untuk scroll media sosial, bermain game atau membuat berbagai status di jejaring sosial.

Dalam artikel ini kami akan membahas 5 bahaya untuk kamu yang kecanduan gadget. Meskipun gadget adalah barang yang amat penting dalam kehidupanmu, namun tetap harus kamu batasi penggunaanya.

Berikut 5 bahaya kecanduan gadget:

1. Menghabiskan Waktu

Bermain gadget tanpa memberikan jadwal khusus akan membuatmu kehabisan waktu untuk dapat melakukan hal lain. Ketika kamu hanya menghabiskan waktu scroll media sosial atau bermain game kamu akan menghabiskan waktu yang tak terasa, karena dalam proses bermain gadget ada hormon kebahagiaan yang akan membuatmu merasa bahwa waktu yang kamu lalui hanya sebentar, padahal aslinya itu sebaliknya.

2. Mata Minus

Bahaya kedua adalah dengan intensitas penggunaan gadget yang berlebihan akan membuat matamu minus, hal ini karena pantulan sinar layar ponsel yang berlebihan yang langsung mengenai kornea matamu.

3. Boros Uang

Terlalu sering bermain gadget kamu akan kehilangan uangmu untuk membeli kuota internet. Beberapa media sosial dan game online menghabiskan kuota yang cukup banyak. Maka dari itu bahaya kecanduan gadget adalah boros uang.

4. Sering Marah

Dengan intensitas bermain gadget yang berlebihan, apabila kuota internet dan baterai habis makan orang tersebut akan melampiaskan dnegan amarahnya biasanya ia akan marah-marah tak jelas karena hal tersebut.

5. Menjadikan Gadget Sebagai Kiblat dalam Segala Hal

Karena merasa gadget tau segala hal, ia lalu menjadikan gadget sebagai kiblat dalam segala hal. Ia akan berguru lewat gadget, dan melakukan berbagai hal sesuai dengan orang yang sering ia temui di media sosial. Mengambil berbagai hukum yang bersumber dalam gadget, dan sudah mulai enggan berguru dengan orang karena dirsa gadget lebih tau segalanya.

Itu merupakan 5 bahaya kecanduan gadget, jangan sampai kamu dan keluargamu sampai mengalami hal demikian. Selamatkan keluarga kita dari rasa candu gawai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak