facebook

5 Cara Latihan Public Speaking yang Bisa Kamu Coba

Anisa Rachma Agustina
5 Cara Latihan Public Speaking yang Bisa Kamu Coba
Ilustrasi Seminar (Pexels/Dani Hart)

Public Speaking adalah sebuah kemampuan untuk berbicara diruang public. Menjadi pembicara hendaknya harus memenuhi berbagai teknik untuk dapat meguasai materi dan audience. Tidak semua orang dapat berbicara di depan dengan lancar dan lantang. Dengan menguasai kemampuan public speaking maka seseorang tersebut dapat memandu acara, menjadi pemateri dalam sebuah seminar dan beberap kegiatan yang membutuhkan kemampuan public speaking.

Orang yang tidak terbiasa untuk berbicara di depan umum akan merasa nerveus, mengeluarkan keringat dingin bahkan tak mampu untuk mengeluarkan kata-kata. Maka dari itu kemampuan public speaking harus dilatih supaya seseorang terbiasa untuk dapat berbicara di depan khalayak ramai. Dalam artikel ini kami akan membahas 5 cara latihan public speaking.

1. Join Organsasi

Dengan ikut organisasi kamu akan dilatih untuk bisa memandu rapat dan berbicara umum. Ada kalanya kamu akan didaulat untuk menjadi moderator dalam sebuah acara baik acara besar atau kecil.  Hal ini akan membuatmu menjadi terbiasa untuk dapat berbicara di depan umum. Dan kemampuan public speakingmu akan terus berkembang dengan join dalam organisasi.

2. Latihan Presentasi di Kelas

Saat kamu kuliah kamu akan mendapat jatah presentasi dalam setiap semester. Minimal satu kali dalam semester kamu akan mendapat jatah presentasi. Dengan demikian kamu akan dipaksa untuk bisa berbicara dan presentasi di depan umum.

3. Mengikuti Pelatihan

Terdapat beberapa pelatihan yang menyediakan jasa untuk dapat melatih public tersebut. Kamu bisa mengikuti pelatihan tersebut, dalam pelatihan itu kamu akan diajarkan untuk dapat memandu acara, diajarkan untuk menjadi moderator atau pengisi acara serta diajarkan untuk bisa mengadakan game sebagai pemecah suasana.

4. Belajar dari Video

Untuk kamu yang tidak memiliki cukup biaya untuk membayar pelatihan kamu bisa belajar melalui video di YouTube. Berbagai kanal YouTube menyediakan tips dan cara public speaking. Dengan demikian kamu akan menghemat biaya, dan waktu yang lebih fleksibel karena kamu bisa belajar dari video kapanmu kamu mau.

5. Seringlah Mengikuti Seminar

Dengan mengikuti berbagai seminar kamu akan menjadi termotivasi untuk bisa seperti narasumber. Kamu akan menemukan banyak kosa kata baru cara bicara dan gaya yang berbeda dari setiap narasumber yang akan menambah wawsan dan pengetahuan.

Itulah 5 cara latihan public speaking. Kemampuan public speaking akan membuatmu berguna menularkan apa yang kamu mampu dan kamu bisa kepada khalayak ramai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak