facebook

4 Kiat Hidup Hemat untuk Kamu yang Hobi Memberikan Self Reward

Adira Putri Aliffa
4 Kiat Hidup Hemat untuk Kamu yang Hobi Memberikan Self Reward
Ilustrasi Produktivitas Seseorang (Pexels.com/Cottonbro)

Hidup hemat dan bahagia adalah dambaan semua orang di dunia ini. Uang aman, perasaan nyaman, dan masa depan terjamin. Ya begitulah kira-kira dampak dari gaya hidup hemat. Namun, masih ada banyak orang, khususnya remaja yang kurang bisa mengatur keuangan mereka. Beberapa remaja lebih memilih sering memberikan self reward daripada harus berhemat dengan kedok “hidup harus dinikmati”.

Memang betul hidup ini harus dinikmati, tapi bukan berarti kita terlalu menikmatinya sampai di luar kendali. Untuk mewujudkan gaya hidup hemat, pastinya perlu banyak usaha yang harus kamu lakukan. Meskipun berat, tapi setara dengan dampak positif yang kamu dapat.

Berikut empat kiat hidup hemat yang bisa kamu lakukan. Simak artikel ini sampai habis, ya! Oh iya, artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Jadi, mungkin cara tiap orang berbeda-beda. Namun, tak ada salahnya kamu mencoba empat kiat di bawah ini.

1. Siapkan Jurnal Keuangan

Apabila kamu ingin mengatur keuanganmu lebih baik dan tertata. Kamu memerlukan sebuah buku atau jurnal dalam gadgetmu untuk mencatat berbagai macam pembagian keuanganmu. Kamu bisa mencatat pengeluaranmu, pemasukan, dan dana-dana lainnya.

Kamu bisa menyertakan juga tanggal setiap ada pengeluaran dan pemasukan, keterangan keuangan, bahkan kalau perlu sertakan beberapa struk penting yang kamu butuhkan. Catatan tiap bulan juga bisa kamu sertakan. 

2. Catat Keperluan Prioritas dan Tidak

Untuk mencegah sebuah kekhilafan belanja, kamu perlu mencatat setiap keperluanmu. Pisahkan mana keperluan yang menjadi prioritas dan penting, mana keperluan yang tidak begitu jadi prioritas tapi penting, dan mana keperluan yang sebaiknya harus kamu kurangi. Dengan membagi keperluan seperti itu kamu bisa lebih menata keuanganmu dengan baik. 

3. Siapkan Dana Darurat

Hal ketiga ini sangatlah penting, tapi tanpa disadari sering dilupakan. Dengan menyiapkan dana darurat kamu bisa lebih berjaga-jaga apabila ada suatu keperluan yang mendesak dan mendadak. Sebab, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di depan nanti. Maka ada baiknya untuk mengantisipasi sejak saat ini.

4. Buat Challenge Menabung Tambahan Bila Kamu Melanggar Suatu Hal

Hal keempat ini lebih memberi dampak ke menambahnya tabunganmu. Ketika kamu ingin meningkatkan dirimu ke level yang lebih baik dan mengupgrade beberapa hal penting yang kamu perlukan, tetapi susah untuk kamu lakukan.

Kamu bisa mencoba cara ini untuk lebih konsisten dalam melakukan hal-hal penting tadi. Misalnya ketika kamu ingin mengurangi waktu bermain media sosial dan ingin lebih banyak waktu untuk membaca. Namun, kamu khilaf bermain media sosial lebih dari waktu yang sudah kamu tetapkan. Nah, kamu bisa menghukum dirimu dengan menabung lebih banyak dari biasanya. Atur saja sesukamu dan senyamanmu.

Itulah empat kiat yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih hemat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak