facebook

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Merapikan dan Membersihkan Kamar Tidur

Rania Erin Oktiara
5 Dampak Negatif Akibat Jarang Merapikan dan Membersihkan Kamar Tidur
Ilustrasi orang sedang membersihkan rumah (Pixabay.com/klimkin)

Kamar tidur merupakan ruangan ternyaman untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas yang padat dan melelahkan. Kebersihan dan kerapian kamar tidur perlu dijaga agar bisa istirahat dengan baik. Ada 5 dampak negatif akibat jarang merapikan dan membersihkan kamar tidur. Simak selengkapnya!

1. Tidak enak dipandang mata

Pernah membandingkan kamar rapi dan kamar berantakan? Menurutmu lebih enak dipandang mata yang mana? Tentunya kamar rapi. Meskipun aktivitasmu sangat padat dan sudah merasa lelah saat tiba di rumah. Alangkah baiknya tetap menjaga kebersihan dan kerapian kamar tidur yang wajib dijadikan rutinitas misalnya menyapu kamar setiap sore atau pagi, melipat selimut, merapikan sprei, menata bantal dan guling, serta segera mengembalikan barang yang sudah digunakan ke tempat mulanya.

2. Debu menjadi menumpuk dan ada sarang laba-laba

Kamar tidur yang jarang dibersihkan juga membuat debu menumpuk dan jadi sasaran empuk untuk laba-laba yang ingin membuat sarang. Padahal, kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan untuk beristirahat. Kalau begini maka kenyamanan juga akan terganggu. Ayo, jangan malas membersihkan kamar, ya! 

3. Timbul masalah kesehatan kulit

Kamar tidur yang jarang dibersihkan juga akan menimbulkan masalah kesehatan kulit seperti gatal-gatal, iritasi, hingga berjerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kuman atau bakteri yang lama mengendap di tempat tidurmu. 

4. Barang berpotensi hilang atau terselip

Dalam kamar tidur juga terdapat banyak barang yang berguna untuk mendukung aktivitas harian seperti buku, baju, kosmetik, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jarang merapikan kamar juga berpotensi membuat barang hilang atau terselip dengan barang lainnya. Hal ini sangat merugikan waktumu yang terbuang percuma untuk mencari barang tersebut.

5. Aroma ruangan tidak sedap

Kamar yang jarang dirapikan dan dibersihkan akan mengeluarkan aroma ruangan yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan udara ruangan yang tidak terjaga dengan baik, debu yang sudah menumpuk, aroma keringat yang lama menempel di tempat tidur, dan lain sebagainya. Kalau sudah begini, apa kamu betah berlama-lama di situ? Jangankan kamu, orang lain saja tidak mau masuk ke kamarmu.

Nah, itu dia 5 dampak negatif akibat jarang merapikan dan membersihkan kamar tidur. Kamu jangan malas, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak