facebook

4 Manfaat Self Love, Salah Satunya Bisa Menerima Diri Seutuhnya

Vallencia Zhang
4 Manfaat Self Love, Salah Satunya Bisa Menerima Diri Seutuhnya
Ilustrasi self love (Pixabay.com)

Ada begitu banyak kalimat persuasif yang mengajak kita untuk bisa menerapkan self love. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan self love? Self love diartikan sebagai suatu keadaan dapat mencintai diri sendiri dan memperlakukan serta menerima diri kita dengan baik.

Lantas, apa ada manfaat yang dapat kita terima jika telah menerapkan prinsip yang satu ini? Tentu saja ada. Berikut 4 manfaat self love yang bisa kita rasakan. 

1. Menerima diri seutuhnya

Kita dikatakan telah mencintai diri sendiri apabila kita berhasil menerima diri kita seutuhnya. Kata 'seutuhnya' di sini berarti kita tidak hanya menerima hal yang baik-baik saja dari diri kita, melainkan juga menerima semua kekurangan yang ada di dalamnya.

Hal yang baik, tetap kita pertahankan, sedangkan yang kurang, terus diperbaiki agar menjadi suatu kelebihan. Ketika kita menerima diri kita seutuhnya, maka kita bisa berhenti untuk menghakimi diri sendiri karena satu dan lain hal. 

2. Bisa tampil percaya diri

Salah satu kunci percaya diri adalah berpenampilan dengan senyamannya. Selain faktor penampilan, mencintai diri sendiri juga bisa menambah rasa percaya diri kita.

Dengan mencintai diri sendiri, kita tentu akan menerima diri seperti apa yang telah dijelaskan di poin nomor satu, termasuk perihal penampilan. Kita tidak menghiraukan omongan orang yang menyinggung penampilan kita. Kita tampil apa adanya dengan kenyamanan kita. 

3. Meningkatkan kualitas diri

Ketika ada kritikan yang ditujukan untuk penampilan, kita tidak akan serta-merta memasukkannya ke dalam hati dan lantas membenci diri sendiri.

Tapi, kita akan menjadikan kritikan itu sebagai suatu hal yang dapat memacu kita untuk terus memperbaiki diri. Dengan begitu, perlahan kualitas diri kita akan semakin meningkat. Begitu pula dengan penilaian orang lain kepada kita. 

4. Lebih bisa menjaga kesehatan

Tentu kita pernah disinggung perihal postur tubuh. Entah itu karena kita yang terlalu kurus, terlalu gemuk, terlalu tinggi, dan lain sebagainya.

Lantas, kita berupaya untuk menaikkan atau menurunkan postur tubuh kita agar tampak ideal dengan cara melakukan diet, meminum obat pelangsing, sengaja makan di tengah malam, dan lain sebagainya. Bukannya dapat meredam penilaian orang, justru, cara ini adalah cara yang salah dan merusak kesehatan. 

Berbeda jika kita telah bisa mencintai diri sendiri, kita akan mempertimbangkan kritikan yang masuk, namun tetap berusaha untuk menjalani pola makan yang sehat. Karena yang terpenting bukanlah penilaian orang, melainkan bagaimana kita bisa tetap sehat. 

Itu adalah 4 manfaat self love yang dapat kita rasakan. Jadi, bagaimana? Mau belajar untuk mencintai diri sendiri? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak