facebook

5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Kita Tidak Bahagia, Jangan Biasakan!

Diat Anugrah
5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Kita Tidak Bahagia, Jangan Biasakan!
Ilustrasi perempuan sedih (Freepik.com/lookstudio)

Dalam hidup ini, semua orang menginginkan kebahagiaan. Bahkan, bisa dibilang tujuan semua orang berjuang adalah agar bisa mencapai kebahagiaan, baik kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Setiap orang rela melakukan apa saja untuk dapat hidup dengan bahagia. Tidak sedikit orang yang rela jatuh bangun dalam hidupnya agar bisa lebih bahagia. Meski begitu, masih banyak pula orang yang tidak bisa bahagia dalam hidupnya.

Kebahagiaan seseorang bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Banyak yang berpikir bahwa untuk bahagia harus memiliki banyak harta, jabatan yang tinggi, usaha yang mapan dan lain sebagainya. Namun, banyak orang yang sudah memiliki itu semua namun tetap tidak bisa bahagia.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa membuat hidup kita sulit untuk bahagia, berikut ini adalah 5 diantaranya.

1. Tidak Bersyukur

Dalam hidup ini kita sudah dilimpahi berbagai nikmat yang kita rasakan. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur. Selain sebagai bentuk terima kasih kita atas nikmat yang diberi, bersyukur bisa membuat kita merasa cukup sehingga hidup lebih tenang.

Sebaliknya jika kita tidak bersyukur maka kita akan merasa serba kekurangan. Akibatnya, kita akan sulit merasa bahagia.

2. Berpikiran Negatif

Dalam menghadapi berbagai hal, kita dianjurkan untuk selalu berpikir positif atau melihat sisi baiknya. Dengan begitu kita bisa lebih optimis bahwa segala sesuatu akan berjalan dengan baik.

Namun, apabila kita selalu berpikiran negatif, maka pikiran kita akan dipenuhi dengan keburukan yang membuat kita tidak bisa menikmati hidup ini.

3. Iri Hati

Rezeki dan nikmat setiap orang sudah diatur. Oleh karena itu kita tidak perlu dengan hal yang dimiliki oleh orang lain. Rasa iri hanya akan menyiksa kita karena menimbulkan rasa tidak tenang dalam hati kita. Padahal belum tentu hidup orang lain lebih baik dari kita.

4. Bekerja Terlalu Keras

Jika kita ingin mencapai kebahagiaan maka kita memang harus bekerja keras. Namun jangan sampai kita bekerja terlalu keras sampai lupa meluangkan waktu untuk menyenangkan diri kita sendiri, misalnya dengan berisitirahat atau liburan. Bekerja terlalu keras akan membuat hidup kita tidak bisa dinikmati dengan baik.

5. Melupakan Orang Sekitar

Dalam hidup kita dikelilingi oleh banyak orang baik. Orang-orang tersebut yang memberi banyak manfaat pada kita dan mendampingi kita. Apabila kita tidak memperhatikan hal tersebut maka kita akan merasa sendiri sehingga sulit merasa bahagia.

Demikian 5 hal sederhana yang bisa membuat kita sulit merasa bahagia. Ayo segera berubah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak