facebook

Tidak Hanya Hiburan, Ini 3 Manfaat yang Bisa Kamu dapat dari Nonton Drakor

Finny Sarimata
Tidak Hanya Hiburan, Ini 3 Manfaat yang Bisa Kamu dapat dari Nonton Drakor
Ilustrasi nonton. (Pexels/cottonbro)

Siapa di sini yang pencinta drakor? Drama Korea menjadi salah satu media hiburan bagi masyarakat, terutama bagi kaum muda.

Memiliki paras menawan sejak lahir, menjadikan para aktor dan aktris sangat diidolakan. Alur cerita yang menarik, penuh misteri, dan tak terduga merupakan daya tarik tersendiri yang membuat drama Korea begitu disukai dan selalu dinantikan.

Namun, jika kamu benaar-benar mengikuti jalan cerita dari awal hingga akhir, drakor tak hanya sekedar media hiburan, lho. Ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Apa saja ya? Yuk, keep scroll.

1. Melatih Berpikir

Tak hanya pelajaran matematika yang membutuhkan analisis, sadar atau tidak dalam menyaksikan drama Korea, kamu juga diajak untuk berpikir dan menganalisis untuk bisa memahami alur ceritanya. Keadaan ini sering muncul ketika penonton dihadapkan pada alur maju-mundur.

Alur ini biasanya ditandai dengan suatu peristiwa yang belum diketahui kebenarannya. Ketika kebenaran yang sebenarnya diungkapkan, akan dikilas balik masa sebelumnya dan pada saat itulah penonton akan dibawa untuk mengetahui sebab akibat yang belum terpecahkan.

Dalam proses berpikir, kamu bagaikan sedang menyatukan kepingan puzzle. Secara tidak langsung kamu sedang melatih otakmu untuk berpikir bagaimana menemukan solusi dari suatu masalah. Drama Korea yang sangat seru dan menantang pikiran biasanya bertema detektif, kriminal, hukum, politik, dan medis.

2. Menambah Pengetahuan

Drama Korea juga diakui oleh sebagian besar kalangan karena kemampuan berakting yang sangat baik dan terasa sangat nyata. Para pemeran mampu menghipnotis penonton melalui setiap adegan yang benar-benar dihayati. Hal ini juga sangat menguntungkan penonton sebab ada banyak pengetahuan yang bisa dipelajari.

Untuk drama bertema medis, penonton akan menyaksikan dan mempelajari berbagai istilah medis yang disebutkan dalam drama, cara tenaga medis mengoperasi dan mengobati serta peraturan atau prosedur medis di negara yang bersangkutan.

Jika drama bertema hukum, penonton akan mempelajari bagaimana sistem hukum negara tersebut, undang-undang yang berlaku, bagaimana cara mengungkap suatu kejahatan dengan mengumpulkan bukti dan memecahkan sebuah kasus. Begitu pula jika tentang detektif, bisnis, sekolah, dan lainnya. Penonton tak hanya belajar namun bisa juga menerapkan hal baru yang positif.

3. Memberikan Motivasi

Drama Korea juga dapat menjadi wadah untuk memerikan motivasi. Bagaimana tidak, jika disimak dengan baik, penonton akan disuguhkan dengan berbagai makna hidup yang tersirat maupun tersurat dalam alur kisah suatu drama. Sebagai salah satu negara maju, penonton dapat melihat bahwa masyarakat Korea sangat pekerja keras.

Entah usia sekolah atau kerja. Dalam drama bertema sekolah, anak-anak belajar begitu giatnya, mengikuti les tambahan, bahkan sambil bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemudian, para pengawai negeri maupun pengusaha mereka juga bekerja dari pagi hingga tengah malam.

Mereka benar-benar sangat produktif dari pagi hingga kembali pagi. Tentu ada banyak perbedaan kondisi setiap negara, namun yang bisa dipelajari adalah semangat dan kemauan  untuk bekerja keras. 

Nah, ternyata ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari menonton drama Korea, ya. Kiranya bisa menjadi masukan untuk kita. Semangat beraktivitas!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak